Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Liga Champions

Fakta Menarik Jelang Ajax Amsterdam Vs Liverpool

Rabu 21 Oct 2020 17:08 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

logo liga champions

logo liga champions

Foto: aa.com.tr
Ajax Amsterdam berhadapan dengan Liverpool di Johan Cryuff Arena

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Dua tim dengan permainan menyerang bakal bertemu pada Matchday perdana Grup D Liga Champions musim 2020/21. Ajax Amsterdam berhadapan dengan Liverpool.

Kali ini Ajax menjadi tuan rumah. Duel tersebut berlangsung di Johan Cryuff Arena, Kamis (22/10) dini hari WIB. Menurut catatan Opta, ada sejumlah fakta terkait duel berkelas tersebut.

Sebelum laga besok, terakhir kali Ajax Amterdam dan Liverpool bertemu di babak 16 kompetisi kasta tertinggi Eropa, musim 1966/1967. Saat itu wakil Belanda unggul agregat 7-3.

Sejak kalah 1-5 dari Ajax pada Desember 1966, Liverpool belum pernah tumbang melawan wakil Belanda dalam 13 laga beruntun, kompetisi Eropa. Perinciannya, the Reds menang di delapan pertandingan, sisanya lima partai berakhir imbang.

Ajax hanya sekali meraih kemenangan dalam enam pertemuan terakhir melawan tim Inggris di kompetisi Eropa. Selebihnya De Joden tumbang di tiga laga, sisanya imbang.

Laga di Johan Cryuff Arena menjadi momentum kembalinya Liverpool bertandang ke Belanda setelah 10 tahun berlalu. Terakhir kali the Reds menuju negeri Kincir angin, terjadi pada September 2010. Saat itu awak Merseyde Merah bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah Utrecht pada ajang Liga Europa.

Liverpool belum terkalahkan dalam enam kunjungan terakhir ke tanah Belanda. Perincianya the Reds meraih kemenangan dan imbang, masing-masing tiga partai.

Ajax hanya sekali menang dalam tujuh laga kandang terakhir, pada ajang Liga Champions. Selebihnya De Joden tumbang di empat laga, dan bermain imbang di dua pertandingan.

Dua dari tiga kekalahan kandang terakhir, terjadi saat wakil Belanda itu bertemu tim Inggris. Pertama ketika Ajax takluk 2-3 dari Tottenham Hotspur pada Mei 2019. Kemudian sewaktu De Joden menyerah 0-1 dari Chelsea pada Oktober 2019.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA