Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Debut Liga Champions, Bellingham Jadi Pemain Termuda Inggris

Rabu 21 Oct 2020 08:36 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Birmingham City, Jude Bellingham, yang kini membela Borussia Dortmund.

Pemain Birmingham City, Jude Bellingham, yang kini membela Borussia Dortmund.

Foto: EPA-EFE/Alexander Hassenstein
Bellingham bermain di kasta liga tertinggi Eropa pada usia 17 tahun dan 113 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jude Bellingham menjadi pemain termuda Inggris dalam sejarah Liga Champions. Namun sayang debutnya dinodai kekalahan timnya Borussia Dortmund 1-3 dari Lazio, Rabu (21/10).

Bellingham bermain di kasta liga sepak bola tertinggi Eropa pada usia 17 tahun dan 113 hari. Gelandang itu mengalahkan rekor yang dipegang oleh Phil Foden, yang bermain untuk Manchester City.

Dilansir BBC, Rabu, Lazio unggul melalui Ciro Immobile menit keenam dan gol bunuh diri Marwin Hitz menit ke-23. Erling Braut Haaland memberi Dortmund harapan setelah memangkas ketinggalan 1-2 di menit ke-71. Tetapi Jean-Daniel Akpa Akpro segera merespons di menit 76 untuk memastikan kemenangan Lazio 3-1.

Kemenangan tersebut merupakan penghiburan bagi tim asuhan Simone Inzaghi yang finis keempat di Serie A Italia musim lalu. Namun musim ini di awal Serie A, Lazio baru memenangkan satu dari empat pertandingan liga musim ini. Terakhir, Lazio dikalahkan 0-3 oleh Sampdoria pada Sabtu (24/10).

Sebaliknya, Dortmund memiliki awal yang baik untuk musim ini, memenangkan tiga dari empat pertandingan di Bundesliga Jerman. Namun, Dortmund telah kalah 10 dari 14 pertandingan tandang Liga Champions terakhir dan hanya memiliki empat kemenangan dari 17 laga di Italia.

Bellingham bergabung dengan Dortmund dari Birmingham musim panas ini. Ia telah menjadikan dirinya pencetak gol termuda klub barunya dengan gol debut melawan Duisburg di Piala Jerman.

Bellingham tidak dapat membuat dampak saat meladeni Lazio. Ia tidak sendirian di Dortmund, terutama di babak pertama yang datar yang membuat tim tuan rumah menguasai permainan.

Pemain Liga Champions termuda dari negara mana pun adalah pemain Nigeria Celestine Babayaro. Ia berusia 16 tahun 86 hari ketika tampil untuk Anderlecht melawan Steaua Bucharest pada 1994.

Musim lalu, pemain Barcelona Ansu Fati menjadi pencetak gol Liga Champions termuda ketika ia mencetak gol kemenangan kontra Inter Milan pada usia 17 tahun 40 hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA