Rabu 28 Sep 2022 06:57 WIB

Enrique Sudah Menduga Gol Spanyol akan Datang ke Gawang Portugal

Spanyol membobol gawang Portugal dua menit sebelum waktu normal berakhir.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Pelatih Spanyol Luis Enrique.
Foto: AP/Jose Breton
Pelatih Spanyol Luis Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, BRAGA -- Tim nasional Spanyol melaju ke semifinal UEFA Nations League musim 2022/23. Armada La Roja berjaya di markas Portugal dengan kemenangan 1-0 pada laga pamungkas Grup A2.

Sejak menit pertama, skuad polesan Luis Enrique mencoba mengendalikan laga di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9) dini hari WIB. Namun, tuan rumah lebih dominan sehingga Spanyol dipaksa lebih banyak bertahan. Hingga turun minum, skor masih 0-0. Gol yang ditunggu kubu tamu, tercipta sekitar dua menit menjelang waktu normal berakhir. Upaya Alvaro Morata menggetarkan jala Rui Patricio. 

Baca Juga

Setelah pertandingan, Enrique mengaku telah memprediksi cepat atau lambat pasukannya akan membobol gawang tuan rumah. "Pada babak kedua, saya merasa gol akan datang. Kami berhasil kembali ke empat besar, dan itu sangat menyenangkan," kata entrenador berusia 52 tahun ini, dikutip dari uefa.com.

Spanyol mengulang pencapaian musim lalu. Sebelumnya La Roja bahkan melaju hingga final. Di partai puncak, Sergio Busquets dan rekan-rekan kalah dari Prancis.

Namun situasi demikian telah berlalu. Enrique menikmati apa yang baru saja terjadi. Apalagi akhir pekan lalu, La Roja takluk 1-2 dari Swiss di kandang sendiri. Kekalahan tersebut membuat Spanyol turun ke posisi kedua klasemen Grup A2. Alhasil, anak-anak Negeri Matador tak memiliki pilihan lain, jika ingin lolos. Mereka harus menang di kandang Portugal dan target itu tercapai. 

"Ini olahraga luar biasa, di mana kemenangan adalah penawar terbaik untuk kesedihan apa pun," ujar Enrique.

Morata, turut bereaksi. Ia mengaku baru saja melakoni partai sulit. Tim lawan berisikan para jugador mumpuni.

"Anda harus melihat kualitas Portugal. Kami berjuang sampai akhir," ujar penyerang asal klub Atletico Madrid ini.

Dengan demikian, Spanyol mengikuti jejak tiga elite Eropa lainnya. Italia, Kroasia, serta Belanda juga melaju ke babak empat besar UEFA Nations League yang akan digelar tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement