Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Livescore; Indonesia Taklukkan Brunei Darussalam 7-0 di Piala AFF U-19

Senin 04 Jul 2022 21:57 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Marselino (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Brunei Darussalam U-19 Maverick (kanan) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022).

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Marselino (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Brunei Darussalam U-19 Maverick (kanan) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/7/2022).

Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Indonesia menurunkan tempo di babak kedua setelah unggul 6-0 di babak pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Timnas Indonesia U-19 gulung Brunei Darussalam dengan skor 7-0 pada laga kedua Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin (4/7/2022) malam WIB. Hokky Caraka mencetak kuartet di babak pertama.

Tim Merah Putih memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Garuda Muda memimpin dengan cepat di menit kedua. Berawal dari operan terobosan oleh Marselino Ferdinan kepada Kakang Rudianto di sisi kanan serangan, Kakang kemudian mengumpan ke tengah kotak penalti yang berhasil disambut oleh Hokky Caraka.

Baca Juga

Tiga menit berselang, Mikael Tata mendapatkan umpan lambung di sisi kiri, umpannya ketengah berhasil diblokir, tapi Ronaldo mampu merebutnya dan mengembalikan umpan kepada Mikael, ia kemudian melepaskan tembakan langsung ke gawang namun berhasil ditepis oleh kiper dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Brunei lebih sering mengandalkan umpan-umpan lambung untuk menembus pertahanan Indonesia. Namun setiap percobaan mereka di 10 menit pertama selalu gagal mencapai gawang Indonesia. Mereka justru semakin tertinggal ketika Ronaldo menggandakan keunggulan di menit ke-12 ketika ia bebas dari penjagaan bek di sisi kiri.

Dua menit berselang, Indonesia memperlebar kedudukan menjadi 3-0. Berawal dari situasi tendangan sudut di sisi kiri yang menyebabkan kemelut di di depan gawang dan Hokky yang berdiri bebas langsung melepaskan tembakan ke arah gawang yang berhasil menambah keunggulan Indonesia. 

Di menit ke-19 Indonesia kembali menambah keunggulan. Berawal dari umpan terobosan di sisi kanan kepada Kakang, yang langsung membawa ke area kotak penalti kemudian menggocek satu pemain belakanh sebelum melepaskan umpan kepada Hokky yang berhasil dimanfaatkan dengan baik untuk mencetak hattrick.

Tanpa butuh waktu lama, Indonesia unggul 5-0 di menit ke-20. Kali ini serangan dibandung dari tengah, Arkhan melakukan umpan satu-dua dengan Ronaldo di area kotak penalti dan Arkhan dengan mudah melepaskan tembakan ke gawang untuk memperlebar kedudukan Indonesia. 

Di menit ke-30, peluang kembali tercipta saat Marselino menerima operan terobosan di sisi kanan kemudian memberikan umpan ke tengah yang disambut oleh Mikael. Namun, upaya Mikael dapat dihentikan oleh kiper di sisi gawang.

Lima menit berselang, Hokky hampir kuartet saat ia menerima umpan di tengah kotak penalti melewati pemain belakang Brunei. Namun tendangannya masih meleset sedikit dan hanya membentur mistar gawang. Hokky berhasil mencetak kuartet di menit-menit akhit babak pertama. Babak pertama pun berakhir dengan skor 6-0.

Di babak kedua, Shin Tae-yong mengganti tiga pemain sekaligus, mereka adalah Marselino dengan Ferdiansyah Cecep, Arkhan Fikri diganti oleh Zanadin Fariz, Ronaldo Kwateh diganti oleh Razzaa Fachrezi. Menit pertama, Garuda Muda langsung menekan pertahanan Brunei, tapi peluang pertama gagal dikonversi menjadi gol.

Garuda Muda sedikit kesulitan menembus pertahanan Brunei di babak kedua. 15 menit berlalu tapi belum ada serangan yang mengancam gawang Brunei. Indonesia mendominasi penguasaan bola di setengah lapangan Brunei tapi kesulitan memberikan ancaman. 

Di menit ke-61, Alfriyanto Nico yang masuk menggantikan Kakang tiga menit sebelumnya berhasil menambah keunggulan menjadi 7-0. Setelah unggul jauh atas Brunei, Shin akhirnya mengganti Hokky yang telah mencetak kuartet di babak pertama oleh Rabbani di menit ke-71.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA