Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Tite Yakin Coutinho Bisa Gantikan Peran Neymar di Timnas Brasil

Kamis 27 Jan 2022 09:04 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

 Neymar dan rekan setimnya menjentikkan telinga Philippe Coutinho (tengah) di sesi pelatihan timnas sepak bola Brasil, pada 2020 lalu. Coutinho akan menggantikan peran Neymar yang cedera di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol.

Neymar dan rekan setimnya menjentikkan telinga Philippe Coutinho (tengah) di sesi pelatihan timnas sepak bola Brasil, pada 2020 lalu. Coutinho akan menggantikan peran Neymar yang cedera di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol.

Foto: AP Photo / Kirsty Wigglesworth
Sebelumnya, Coutinho absen memperkuat timnas Brasil sejak Oktober 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, QUITO -- Brasil tidak akan diperkuat bintang Paris Saint-Germain (PSG), Neymar, dalam dua laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Pemain termahal sejagat itu masih melakoni proses pemulihan usai mengalami cedera engkel pada November 2021 lalu.

Alhasil, Neymar akan absen saat Brasil melawat ke kandang Ekuador, Kamis (27/1/2022) waktu setempat, dan kala tim Selecao menjamu Paraguay di Belo Horizonte pada Selasa (1/2/200) waktu setempat.

Baca Juga

Kendati begitu, pelatih timnas Brasil, Tite, tidak khawatir. Menurutnya, absennya Neymar bisa digantikan oleh Phillipe Coutinho.

''Tentu, kami selalu ingin memiliki Neymar di tiap laga. Namun, tidak semua hal berjalan seperti yang diharapkan. Kami menyesalkan absennya Neymar, tapi kami memiliki opsi pemain lain. Saya berbicara soal (Philippe) Coutinho. Dia bisa merumput di posisi Neymar. Saya juga percaya dengan kualitas permainannya,'' kata Tite seperti dilansir ESPN, Kamis (27/1/2022).

Coutinho absen memperkuat timnas Brasil sejak Oktober 2020 silam. Eks winger Liverpool itu pun memiliki peluang besar untuk bisa kembali memperkuat tim Selecao, tepatnya di dua laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain kehilangan Neymar akibat cedera, Brasil juga tidak akan diperkuat Lucas Paqueta, yang mesti melakoni sanksi larangan bertanding.

Sempat mengalami cedera lutut pada Januari 2021, Coutinho secara perlahan berusaha untuk menemukan performa terbaiknya. Pemain berusia 29 tahun itu pun memilih bergabung bersama Aston Villa pada pertengahan musim ini sebagai pemain pinjaman dari Barcelona.

Di laga debutnya bersama Villa, Coutinho mampu tampil impresif dengan menyumbang satu gol dan satu assist, tepatnya saat menahan imbang Manchester United, 2-2, pertengahan bulan ini.

Tite pun mengaku tidak pernah kehilangan kepercayaan dengan kemampuan eks winger Inter Milan tersebut. ''Dari segi kemampuan di atas lapangan, dia dapat menjadi pemain yang penting dan memiliki kemampuan untuk itu. Saya juga tahu bagaimana usaha keras yang dia lakukan untuk bisa melewati setiap tantangan, termasuk pulih dari cedera,'' kata pelatih berusia 60 tahun tersebut.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, Brasil telah sukses mengamankan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2022. Dengan koleksi 35 poin dari 13 laga, Brasil tampil begitu dominan di babak kualifikasi. Kendati begitu, Tite berharap, timnya bisa tetap menjaga rekor tidak terkalahkan di babak kualifikasi dan memetik kemenangan di dua laga lanjutan babak kualifikasi.

Tidak hanya itu, Tite juga menyebut, akan tetap mempertahankan trio Vicinius Junior, Mattheus Cunha, dan Raphinha di lini serang tim Selecao, kendati tiga pemain tersebut gagal mencetak gol di laga kontra Argentina, November 2021. ''Kami membutuhkan kontinuitas. Karena itu, kami akan tetap mempertahankan trio di lini serang tersebut,'' jelas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA