Kamis 26 Nov 2020 11:47 WIB

Mengapa Maradona dan Messi Kerap Dibandingkan?

Maradona maupun Messi memiliki perawakan tubuh yang mirip.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Lionel Messi dan Diego Maradona.
Foto: standard.co.uk
Lionel Messi dan Diego Maradona.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Diego Maradona nyaris selalu dibandingkan dengan para pesepak bola hebat lainnya. Salah satunya, dengan Lionel Messi.

Para tokoh lapangan hijau kerap membicarakan hal ini. Sesuatu yang lumrah.

Pasalnya, baik Maradona maupun Messi memiliki perawakan tubuh yang mirip. Kemudian sama-sama berasal dari Argentina. Terpenting, mereka sangat berpengaruh di era masing-masing.

"Hampir tidak bisa dipisahkan. Ketika membahas sejarah sepak bola Argentina, mau tidak mau akan ada perbandingan di antara keduanya," demikian laporan yang dikutip dari Football Espana, Kamis (26/11).

Bagaimana pun, mereka terhubung pada budaya yang sama. Satu sebagai pendahulu, kemudian muncul bintang berikutnya.

Tidak ada Maradano dan Messi secara bersamaan. Faktanya, Maradona lebih dahulu muncul, kemudian Messi.

"Leo tumbu besar dengan menonton video Maradona," kata ayah Messi, Jorge kepada Diario Sport.

Jorge menceritakan bagaimana penampilan sang pendahulu di layar kaca, menemani keseharian anaknya, sedari kecil hingga remaja. Ada kedekatan emosi.

Kemudian Maradona pernah melatih Messi di tim nasional Argentina. Tepatnya dari 2008 hingga 2010.

Maradona kerap memuji Messi, sekaligus mengkritisi. Itu ia lakukan di depan umum.  Fakta demikian didasarkan pada rasa saling menghormati, dan mengagumi, di atas persahabatan.

"Untuk menghormati Leo, saya tidak akan mengatakan dia lebih baik dari saya, atau saya lebih baik dari dia. Saya mencintainya, dan menikmati setiap melihatnya di lapangan. Tapi dia tidak memiliki kepribadian untuk menjadi seorang pemimpin," ujar Maradona, tentang kurang lebih, seorang La Pulga.

Messi pun sering menyampaikan pendapatnya seputar seniornya itu. Ia tak meragukan pengaruh besar Maradona bagi sepak bola Argentina.

Ia terus merasakan dukungan dari sosok yang melegenda bersama Napoli itu. "Orang-orang mendengar apa yang dia katakan, dan bagus dia ada di grup ini," tutur La Pulga, beberapa waktu lalu.

Maradona dan Messi tak bisa dipisahkan dari Spanyol. Nama pertama tampil di Piala Dunia 1982 di Negeri Matador.

Maradona juga pernah membela klub La Liga, Sevilla selama semusim, dan dua tahun di Barcelona. Sementara Messi, sejauh ini masih setia bersama Barca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement