Rabu 25 Nov 2020 04:05 WIB

Babak Pertama, United Cukur Basaksehir 3-0

Fernandes membuka keunggulan United lawan Basaksehir di babak pertama

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bruno Fernandes membuka keunggulan United lewat sepakan keras dari luar kotak penalti saat laga baru berjalan tujuh menit.
Foto: Peter Powell/EPA
Bruno Fernandes membuka keunggulan United lewat sepakan keras dari luar kotak penalti saat laga baru berjalan tujuh menit.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United akhirnya benar-benar mewujudkan mimpinya untuk bisa membalas kekalahan memalukan di pertemuan perdana dengan Istanbul Basaksehir di penyisihan Grup H Liga Champions, awal bulan ini. Laga baru berjalan satu babak, United sudah mencukur Liga Turki musim lalu itu 3-0 pada putaran keempat Grup H Liga Champions, Rabu (26/11) dini hari WIB. 

Pelatih Ole Gunnar Solskjaer menempatkan Edinson Cavani sebagai penyerang tunggal di laga ini. Ini pertama kalinya striker asal Uruguay itu menjadi starter sejak resmi mengenakan seragam Setan Merah. Namun, laga ini bisa dibilang menjadi milik gelandang asal Portugal, Bruno Fernandes. Gelandang yang direkrut United dari Sporting Lisbon pada pertengahan musim lalu itu memborong dua gol pada babak pertama laga ini.

Fernandes membuka keunggulan United lewat sepakan keras dari luar kotak penalti saat laga baru berjalan tujuh menit. Setelah menerima umpan Alex Telles, Fernandes langsung melakukan tendangan first time dari jarak 22 meter. Bola meluncur deras ke bagian tengah gawang Basaksehir tanpa bisa dihalau oleh kiper Basaksehir, Fehmi Gunok.

Berselang 17 menit dari gol pembuka United ini, Fernandes kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, gelandang berusia 26 tahun itu memanfaatkan kesalahan antisipasi yang dilakukan Gonuk. Kiper Basaksehir itu meninju bola hasil umpan lambung Telles. Namun, bola halauan Gunok itu jatuh ke kaki Fernandes. Dengan mudah, Fernandes langsung mengarahkan bola ke gawang juara bertahan Liga Turki tersebut.

Sebenarnya, United sempat mencetak gol pada menit ke-12. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Marcus Rashford sudah kedapatan berdiri dalam posisi offside, saat menerima operan di terakhir dalam skema serangan yang dibangun United. Kendati begitu, Rashford akhirnya benar-benar mencetak gol pada menit ke-35.

Penyerang asal Inggris itu dipilih menjadi algojo tendangan penalti usai dirinya dijatuhkan di dalam kotak penalti. Hingga satu menit masa injury time babak pertama berakhir, skor 3-0 tidak berubah untuk keunggulan tuan rumah.

Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Kiper: De Gea

Belakang: Telles, Maguire, Lindelof, Wan-Bissaka

Tengah: Fred, Van de Beek; Martial, Fernandes, Rahford

Depan: Cavani

Istanbul Basaksehir (4-1-4-1)

Pelatih: Okan Buruk

Kiper: Gunok

Belakang: Mbombo, Epureanu, Skrtel, Rafael

Tengah: Ozcan; Chadli, Turuc, Kahveci, Visca

Depan: Ba

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement