Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Tanpa Mbappe, Prancis Gasak Kroasia 4-2

Rabu 09 Sep 2020 05:01 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang timnas Prancis Anthony Martial (kanan) merayakan gol bersama rekan-rekannya saat melawan Kroasia di UEFA Nations League.

Penyerang timnas Prancis Anthony Martial (kanan) merayakan gol bersama rekan-rekannya saat melawan Kroasia di UEFA Nations League.

Foto: EPA-EFE/PASCAL BONNIERE
Kendati menang, Prancis tertahan di urutan kedua Grup A3 dengan koleksi enam poin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Prancis kembali membukukan kemenangan 4-2 atas Kroasia, laiknya skor final Piala Dunia 2018, dalam laga lanjutan Grup 3 Liga A (A3) UEFA Nations League 2020/21 di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Rabu (9/9) dini hari WIB. Selaiknya 2018, kemenangan itu diwarnai satu gol dari Antoine Griezmann serta satu gol bunuh diri di kubu Kroasia, yang kali ini tercatat atas nama kiper Dominik Livakovic, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati menang, Prancis tertahan di urutan kedua Grup A3 dengan koleksi enam poin. Sebab pada laga lain Portugal juga menang atas Swedia, sedangkan Kroasia yang masih tanpa poin tak beranjak dari dasar klasemen.

Memasuki pertandingan dengan kabar kurang mengenakkan menyusul sang bintang Kylian Mbappe ditemukan positif terpapar Covid-19, Prancis memanfaatkan efisiensi 43 persen penguasaan bola mereka sepanjang laga menjadi empat gol. Tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu lewat gol bek Dejan Lovren yang menyambar bola liar dalam situasi sepak pojok dengan sepakan keras yang tak mampu diantisipasi kiper Hugo Lloris.

Baca Juga

Upaya Prancis untuk bangkit baru menemukan hasil dua menit jelang turun minum. Anthony Martial mengakhiri serangan yang dibangunnya dengan umpan tarik yang disambut dengan sontekan cantik Griezmann untuk menjebol gawang Kroasia dan menyamakan kedudukan.

Lantas pada menit pertama injury time, Martial berhasil menyambut umpan tarik Wissam Ben Yedder dengan sepakan yang membentur tiang gawang sebelum mengenai badan Livakovic dan bola bersarang ke dalam gawang. Ini tercatat sebagai gol bunuh diri. Prancis dua, Kroasia satu.

Kroasia memasuki babak kedua dengan semangat tinggi untuk menyamakan kedudukan dan upaya mereka membuahkan hasil pada menit ke-55 ketika Josip Brekalo berhasil memperdaya Ferland Medy sebelum menaklukkan Lloris untuk membuat skor menjadi 2-2.

Pada menit ke-65, Prancis berhasil merestorasi keunggulan mereka memanfaatkan situasi sepak pojok yang diakhiri tandukan tajam Dayot Upamecano, yang bolanya melesat ke dalam gawang tak mampu dijangkau Livakovic.

Lantas tuan rumah mendapat keuntungan ketika wasit Ovidiu Hategan menunjuk titik putih menyusul insiden bola mengenai tangan Marcelo Brozovic di dalam area terlarang.

Keputusan itu diprotes oleh kubu Kroasia yang membuat Hategan mengeluarkan kartu kuning untuk Brozovic dan Lovren.

Kesempatan dari titik putih dihadapi oleh Olivier Giroud yang dengan tenang menipu Livakovic untuk memperbesar keunggulan Prancis jadi 4-2 pada menit ke-77.

Kroasia tak segera menyerah tetapi peluang terbaik mereka semenit jelang bubaran waktu normal dari Nikola Vlasic masih ditolak tiang gawang kendati sudah tak terjangkau oleh Lloris, sehingga skor 4-2 untuk Prancis tak berubah hingga laga usai.

Susunan pemain:

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris; Dayot Upamecano, Clement Lenglet, Lucas Hernandez; Moussa Sissoko, N'Golo Kante (Eduardo Camavinga), Steven Nzonzi, Ferland Mendy; Antoine Griezmann (Nabil Fekir); Wissam Ben Yedder (Olivier Giroud), Anthony Martial

Pelatih: Didier Deschamps

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Filip Uremonic (Domagoj Vida), Dejan Lovren, Duje Caleta Car, Dario Melnjak; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Nikola Vlasic; Ante Rebic (Josip Brekalo), Andrej Kramaric, Ivan Perisic (Mario Pasalic)

Pelatih: Zlatko Dalic

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA