Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Partai Brasil Versus Inggris Terancam Ditunda

Jumat 31 May 2013 10:43 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi

Stadion Maracana di Rio de Janeiro tengah direnovasi jelang pelaksanaan Piala Dunia 2014.

Stadion Maracana di Rio de Janeiro tengah direnovasi jelang pelaksanaan Piala Dunia 2014.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Laga persahabatan Brasil kontra Inggris yang rencananya bakal digelar di Stadion Maracana, Senin (3/6) WIB, terancam gagal dilaksanakan. Ancaman keamanan dan kesiapan stadion dianggap sebagai alasan utama penundaan laga tersebut.

Hakim Adriana Costa dos Santos, yang mewakili pihak pengadilan, menyatakan, masih belum bisa memberikan ijin terkait gelaran laga persahabatan Brasil kontra Inggris di Stadion Maracana. Hal ini lantaran, stadion yang baru direnovasi itu dinilai belum siap. Selain itu, pihak otoritas olah raga di Brasil belum menerima kelengkapan berkas perizinan laga persahabatan tersebut.

''Kami belum menerima seluruh laporan keamanan yang dibutuhkan dari kementerian umum (jaksa wilayah). Sehingga kami belum memiliki bukti cukup kuat bahwa laga itu aman digelar. Karena itu, kami belum bisa memberikan izin stadion itu kembali dibuka, mengingat belum ada laporan soal keamanan dan higeinitas stadion,'' tulis pernyataan resmi Hakim Adriana Costa, seperti dikutip The Guardian.

Namun, keputusan ini ditentang oleh pemerintah lokal Rio De Janeiro. Pernyataan resmi pemerintah setempat menyebut Semua persyaratan keselamatan di laga persahabatan itu sudah dkumpulkan. "Namun, dengan rumitnya birokrasi yang ada, persetujuan dari kementerian publik belum bisa diterbitkan, karena berkasnya belum disampaikan ke Suderj.''

Suderj merupakan badan yang mengurus dan bertanggung jawab dengan aspek administrasi sebuah lokasi yang akan dipakai untuk event-event olah raga berskala nasional. Pihak pengadilan pun menunggu paling lambat Sabtu (1/6) waktu setempat, untuk pihak terkait segera menyelesaikan masalah berkas dan menjamin keamanan.

Stadion Maracana yang berkapasitas 78 ribu tempat duduk itu memang telah selesai direnovasi. Namun, sepertinya pekerjaan renovasi itu belum sepenuhnya selesai. Puing-puing bekas bangunan dilaporkan masih berserakan di sekitar stadion. Dikhawatirkan, suporter yang kecewa bisa melempar puing-puing tersebut.

Selain itu, seperti dilaporkan BBC, kondisi Stadion Maracana juga belum sepenuhnya layak dan baik untuk menggelar sebuah pertandingan berskala internasional. Lubang masih terlihat di beberapa bagian stadion, lift yang tidak bisa berfungsi secara sempurna, dan banjir yang menggenang di bagian penonton VIP, adalah sebagian kerusakan yang belum bisa dibenahi panitia.

Rencananya, Stadion Maracana akan digunakan sebagai lokasi partai final Piala Dunia 2014. Untuk mendukung rencana ini, Brasil telah melakukan renovasi yang telah berjalan selama tiga tahun terakhir.

Jika partai persahabatan Brasil kontra Inggris ini batal digelar. Maka, hal ini adalah pukulan berat buat Brasil, selaku tuan rumah Piala Dunia 2014. Selain itu, Brasil juga mesti sudah siap menggelar Piala Konfederasi, yang akan bergulir dua pekan lagi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA