Kamis 09 Feb 2023 10:34 WIB

Masuki Tahun Kedua, Red Bull Basketball Championships 2023 akan Digelar di 10 Provinsi

Kompetisi ini melibatkan pelajar SMA/sederajat.

Olahraga basket (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Olahraga basket (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Melanjutkan keberhasilan dalam menyelenggarakan Red Bull Basketball Championships (RBBC) di tahun 2022 lalu, Red Bull kembali menyelenggarakan kejuaraan bola basket dan kompetisi modern dance antarpelajar SMA/sederajat di tahun 2023.

Tujunnya, untuk menggali dan mengembangkan potensi atlet muda dengan lebih banyak partisipasi regional yang akan memperebutkan piala bergilir RBBC di Seri Grand Final yang diadakan di Yogyakarta.

Baca Juga

Melihat antusiasme sekolah yang sangat baik pada turnamen RBBC lalu, tahun ini Red Bull memperbanyak titik penyelenggaraan event yang semula di enam kota, kini menjadi 10 provinsi di Indonesia.

“Red Bull Basketball Championships yang sudah memasuki tahun kedua ini, merupakan komitmen kerjasama antara Red Bull dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), dalam menyediakan wadah bagi pelajar SMA/sederajat untuk berprestasi di bidang non akademik dan menemukan talenta muda potensial untuk tim nasional Indonesia," kata Ricky Suhendar selaku ChiefMarketing Officer PT. Asia Health Energi Beverages, Rabu (8/2/2023). 

RBBC 2023 diselenggarakan di 10 Provinsi yang terpilih yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali,  Sumatra Utara, Riau dan Sumatra Selatan. Tak selesai di regional saja, Red Bull akan mengundang Pemenang juara 1 di setiap Regional untuk bertanding di Grand Final RBBC 2023 pada bulan Juni 2023 di Provinsi DI Yogyakarta.

Raden Isnanta selaku Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI mengatakan, pihaknya mendukung RBBC 2023.

photo
Raden Isnanta selaku Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, meresmikan RBBC 2023. - (Dok. Web)

"Kami melihat kegiatan seperti ini bisa menjadi sarana pencarian bakat maupun sarana untuk pengembangan industri olahraga. Kita ketahui bersama bahwa cabang olahraga Bola Basket ini merupakan salah satu cabang olahraga prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yakni dalam konteks pengembangan industri olahraga tanah air," kata dia. 

"Kegiatan RBBC 2023 seperti ini juga menjadi motivasi untuk menumbuhkan semangat olahraga di kalangan pelajar. Tidak hanya itu, kami percaya kompetisi seperti ini juga memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter anak bangsa."

Pada saat Grand Final nanti, masing-masing pemenang yang mewakili regional mereka akan bertanding di Grand Final memperebutkan Piala Bergilir RBBC dari Kemenpora RI yang mana logo sekolah tersebut akan diukir pada piala tersebut. Harapannya, ini bisa menjadi semangat juang bagi para wakil regional yang bertanding di Grand Final nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement