Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Membanggakan, Atlet Berkuda Indonesia Euclia Diundang Kejuaraan Bergengsi di Jerman

Jumat 09 Dec 2022 09:17 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Atlet Berkuda Indonesia Euclia Purnama diundang Kejuaraan Bergengsi di Jerman yang bertajuk ‘Riesenbeck International’ mulai 8 - 11 Desember 2022, di kota Riesenbeck.

Atlet Berkuda Indonesia Euclia Purnama diundang Kejuaraan Bergengsi di Jerman yang bertajuk ‘Riesenbeck International’ mulai 8 - 11 Desember 2022, di kota Riesenbeck.

Foto: dok. istimewa
Baru berusia 16 tahun, Cila terus menunjukkan bakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet berkuda Indonesia, Euclia Purnama (Clia) yang baru berusia 16 tahun terus menunjukkan bakat di bidangnya. Setelah mengukir prestasi pada Princess Cup di Thailand beberapa waktu lalu, Clia kini mendapat undangan tampil pada kejuaraan jumping bergengsi di Jerman. 

Pertandingan yang bertajuk ‘Riesenbeck International’ itu digelar selama 4 hari, mulai dari tanggal 8 - 11 Desember 2022, di kota Riesenbeck, berdekatan dengan Munster, Jerman. Rencananya, Clia akan bertanding pada Jumat (9/12/2022) malam waktu setempat. 

Baca Juga

Clia mengaku sempat ragu saat pertama kali mendapat undangan tersebut. Pasalnya, kondisi kaki Clia masih belum sepenuhnya pulih dari cedera. Namun, kesempatan bagi Clia ternyata masih terbuka untuk bisa bertanding di turnamen tersebut. 

"Adalah anugerah Tuhan, saya ikut di kelas jumping 110 cm dalam Team Challenge, sesuai dengan kemampuan kuda yang tersedia bagi saya. Nantinya saya naik kuda yang tergolong muda dan masih belajar di kelas tersebut," kata Clia dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (8/12/2022).

Berbagai tantangan akan dihadapi Clia di pertandingan di Riesenbeck International, yakni harus kembali beradaptasi dengan kuda dalam waktu yang sangat singkat dengan kondisi cuaca yang tidak biasa baginya, serta di arena asing yang cukup besar, menjadi satu-satunya peserta yang baru duduk di atas kudanya dalam turnamen tim ini, dan ia baru saja tiba dari Indonesia.

"Ini seperti gaya 'borrow-horse' yang Princess Cup Thailand, tetapi bedanya di Jerman ini, saya satu-satunya yang berada di posisi tersebut, sedangkan yang Thailand, semua peserta pakai kuda pinjaman yang diundi," ujar Clia.

Meski terbilang mepet dan cuaca yang sangat dingin dengan kondisi kuda yang berbeda dengan temperatur serendah itu, Clia tak putus asa. Ia mengaku bangga mendapat kesempatan tampil di arena bergengsi Riesenbeck International kali ini. Tempat di mana nama-nama besar seperti Phillip Weishaupt, Lugdger Beerbaum, dll pernah tampil. 

"Suatu kehormatan bagi saya bisa ambil bagian dalam kejuaraan international ini, di arena yang sama dengan para atlet professional level dunia tersebut, meskipun di kelas yang berbeda sekalipun," terangnya.

Clia masuk tim Longines World Equestrian Academy, yang didukung penuh oleh Ludger Beerbaum dan tim. Disebutkan bahwa akan ada 8 tim yang akan bertanding. Setiap tim terdiri dari 4 peserta dari 110-140 cm. Sebagian dari peserta di kelas tim ini ternyata juga professional atlet yang sudah berpengalaman di Jerman dan Eropa. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA