Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Ganda Putra Puas dengan Hasil Undian BWF Wolrd Tour Finals 2022

Selasa 06 Dec 2022 11:07 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Fajar Alfian (depan) dan Muhammad Rian Ardianto membalas tembakan, saat pertandingan Final Ganda Putra melawan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dari Denmark Badminton Open, di Jyske Bank Arena di Odense, Denmark, Ahad, 23 Oktober, 2022.

Fajar Alfian (depan) dan Muhammad Rian Ardianto membalas tembakan, saat pertandingan Final Ganda Putra melawan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dari Denmark Badminton Open, di Jyske Bank Arena di Odense, Denmark, Ahad, 23 Oktober, 2022.

Foto: Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP
Kejuaraan ini akan digelar besok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim ganda putra Indonesia merasa puas dengan hasil undian penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022. Undian tersebut dihelat hari Senin (5/12/2022) malam di Centara Grand & Bangkok Convention Center, Center World, Bangkok, Thailand berbarengan dengan acara Gala Dinner.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berstatus unggulan pertama tergabung di grup A bersama Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) dan Choi Sol-Gyu/Kim Won Ho (Korea).

Baca Juga

Sementara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menempati unggulan kedua berada di grup B bersama Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark).

"Cukup puas dengan hasil undian ini tapi semua lawan sama beratnya ya. Intinya kalau dari saya bagaimana harus siap dari diri sendiri dulu," ucap Hendra dalam keterangan tertulis PBSI.

"Dari awal nanti biasanya kita lihat dulu pertama lawan siapa lalu membuat strateginya. Selain itu, kondisi lapangan juga berpengaruh jadi harus diantisipasi," lanjutnya.

Sementara Fajar/Rian mengakui akan mewaspadai semua lawan di grup A mengingat kekuatan lawan yang merata.

"Delapan ganda putra yang ikut di World Tour Finals adalah pasangan yang luar biasa. Jadi semua sama saja, tidak ada mending bertemu ini, mending bertemu itu. Sama saja kekuatannya merata," sahut Fajar.

"Lawan pasti  mempersiapkan yang terbaik, mereka juga yang terbaik setahun berjalan ini. Jadi kita tidak boleh lengah, tetap harus waspada di setiap pertandingannya," kata Rian.

Senada dengan anak-anak asuhnya, pelatih Aryono Miranat pun menyampaikan kewaspadaannya terhadap lawan-lawan di grup A maupun B. Aryono berpandangan semua laga akan dilalui Fajri dan The Daddies dengan berat.

"Seperti kita tahu, kekuatan di ganda putra merata. Tidak ada yang bisa dibilang ringan, semua berat jadi harus ekstra waspada," ucap Aryono.

"Undian ini sudah yang terbaik tinggal nanti bagaimana di lapangan para pemain bisa berjuang maksimal," sambungnya.

Aryono juga menginginkan anak-anak asuhnya untuk langsung siap saat masuk lapangan nanti.

"Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra ini kan sudah sering bertemu sebenarnya dengan calon-calon lawannya jadi nanti bakal ada diskusi untuk mengingatkan lagi bagaimana di pertemuan terakhir, bagaimana strategi yang tepat dan sebagainya," tutur Aryono.

"Saya ingin mereka nanti masuk lapangan sudah siap secara teknis maupun non teknis," harapnya. 

 

*Berikut rekor pertemuan Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra dengan calon lawan-lawannya di penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022*

 

*Fajar/Rian*

 

vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (3/Malaysia)

Rekor pertemuan: 6-2

Pertemuan terakhir: Babak semifinal Denmark Open 2022 (Fajar/Rian menang 21-16, 22-20)

 

vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

Rekor pertemuan: 2-3

Pertemuan terakhir: Babak final Malaysia Open 2022 (Fajar/Rian kalah 22-24, 21-16, 9-21)

 

vs Choi Sol-Gyu/Kim Won Ho (Korea)

Rekor pertemuan: 1-0

Pertemuan terakhir: Babak 16 besar Denmark Open 2022 (Fajar/Rian menang 21-17, 21-17)

 

*Ahsan/Hendra*

 

vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (4/China)

Rekor pertemuan: 0-1

Pertemuan terakhir: Babak 32 besar East Ventures Indonesia Open 2022 (Ahsan/Hendra kalah 17-21, 22-24)

 

vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Rekor pertemuan: 7-4

Pertemuan terakhir: Babak final Kejuaraan Dunia 2022 (Ahsan/Hendra kalah 19-21, 14-21) vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)

Rekor pertemuan: 6-1

Pertemuan terakhir: Babak perempatfinal Thailand Open 2022 (Ahsan/Hendra kalah 13-21, 15-21)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA