Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

ANOC World Beach Games Bali Dianggap Jadi Tonggak Sejarah AirBadminton

Rabu 10 Aug 2022 05:25 WIB

Red: Nora Azizah

AirBadminton di World Beach Games menjadi sinyal olahraga ini masih ada.

AirBadminton di World Beach Games menjadi sinyal olahraga ini masih ada.

Foto: www.pxhere.com
AirBadminton di World Beach Games menjadi sinyal olahraga ini masih ada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) Poul-Erik Hoyer mengatakan ANOC World Beach Games 2023 di Bali menjadi tonggak sejarah bagi AirBadminton. Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) resmi memasukkan bulu tangkis luar ruangan ini bersama tiga cabang lainnya yakni bola basket 3x3, rowing sprint pantai, dan selancar (longboard dan shortboard).

AirBadminton dipilih berdasarkan kriteria dasar bahwa program tersebut harus mencakup olahraga pantai yang dapat disampaikan secara berkelanjutan dan sesuai dengan tujuan Olimpiade menyasar kaum muda dan inklusivitas.

Baca Juga

"Kami telah mengerjakan konsep bulu tangkis luar ruangan selama bertahun-tahun dan penerimaan versi kompetitif AirBadminton di World Beach Games adalah sinyal bahwa olahraga ini akan tetap ada," kata Hoyer dalam laman resmi BWF, dikutip Selasa (9/8/2022).

World Beach Games 2023 di Bali, lanjut Hoyer, menjadi kesempatan unik menampilkan AirBadminton sebagai permainan dinamis yang dapat diakses oleh semua orang.

"AirBadminton di atas pasir memberikan tingkat permainan yang menarik, terampil, intens, dan dengan sejarah bulu tangkis yang membanggakan di Indonesia, kami berharap penampilan World Beach Games pertama kami di Bali menjadi sesuatu yang mendebarkan," sambung dia.

BWF belum lama ini membawa AirBadminton ke Hamburgdi Jerman untuk acara AirBadminton Urban Series pertama. Selanjutnya, Urban Series bakal bergulir di Utrecht, Belanda pada September. Turnamen Urban Series adalah acara uji coba utama menjelang World Beach Games 2023 di Bali.

Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Lindberg menyebut AirBadmintonolahraga baru dan dinamis yang sudah populer. "Kami sangat senang AirBadminton menjadi bagian dari ANOC World Beach Games untuk kali pertama. Olahraga ini dapat diakses oleh semua dan akan memberikan lebih banyak NOC kesempatan untuk lolos ke ANOC World Beach Games 2023 di Bali," ujar Lindberg.

AirBadminton di World Beach Games 2023 akan menampilkan 72 atlet (36 putra dan 36 putri) pada empat nomor yakni ganda putra dan putri, ganda campuran, serta beregu campuran. BWF sedang menyelesaikan sistem kualifikasi untuk turnamen itu. 

"Rincian lebih lanjut akan diumumkan kepada anggota BWF pada waktunya," ujar Hoyer.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA