Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Sainz Klaim Kemenangan Perdana dalam Karier di Grand Prix Inggris

Senin 04 Jul 2022 05:51 WIB

Red: Israr Itah

 Pembalap Formula Satu Spanyol Carlos Sainz dari Scuderia Ferrari.

Pembalap Formula Satu Spanyol Carlos Sainz dari Scuderia Ferrari.

Foto: EPA-EFE/Yuri Kochetkov
Max Verstappen mengalami kendala teknis dan harus puas finis P7.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Carlos Sainz meraih kemenangan perdananya di Formula 1 (F1) pada balapan ke-150 dalam kariernya setelah merampungkan Grand Prix Inggris yang sempat dihentikan sementara karena drama lap pembuka pada Ahad (3/7/2022). Sergio Perez, yang mengalami kerusakan sayap depan dan harus menjalani pitstop lebih awal, finis 3,779 detik di belakang sang pembalap Ferrari demi mengamankan P2 untuk Red Bull. Sementara rekan satu timnya, Max Verstappen mengalami kendala teknis dan harus puas finis P7.

Lewis Hamilton mendapat dorongan semangat dari para pendukung tuan rumah setelah sempat memimpin lomba beberapa putaran sejak lap ke-26. Pembalap Mercedes ini akhirnya finis P3 demi podium.

Baca Juga

Ia mengalahkan Charles Leclerc yang harus kehilangan peluang juara karena kesalahan strategi Ferrari yang memutuskan sang pembalap Monako bertahan dengan ban hard. Padahal para rivalnya berganti ban soft menyusul safety car pada lap ke-39 karena mobil Alpine Esteban Ocon mogok di lintasan lurus utama Sirkuit Silverstone.

"Saya tidak tahu berkata apa, ini luar biasa. Kemenangan pertama setelah 150 balapan, dengan Ferrari dan di Silverstone," kata Sainz dikutip laman resmi F1. "Lewis mengejar, saya dengar, tapi saya berhasil bertahan. Ini tidak mudah, saya kewalahan dengan keseimbangan di stint pertama.... Kemudian safety car memberi kami peluang untuk bangkit dan kami melakukannya."

Fernando Alonso melengkapi peringkat lima besar untuk tim Alpine, di depan Lando Norris yang finis P6 untuk McLaren. Haas meraih poin ganda lewat Mick Schumacher, yang untuk pertama kali finis dengan poin di tahun rookienya di P8, di depan Sebastian Vettel (Aston Martin) dan rekan satu timnya, Kevin Magnussen.

Balapan sempat dihentikan setelah lap pertama menyusul kecelakaan beruntun yang mengirim mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu terbalik dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama. Alexander Albon, Sebastian Vettel dan Esteban Ocon terlibat di kecelakaan terpisah setelah start. Pembalap Williams itu mendapati mobilnya menabrak pagar sisi kanan saat berupaya mengerem menghindari kecelakaan.

Setelah restart, Verstappen sempat mencuri posisi pimpinan lomba pada lap ke-10 saat Sainz melakukan kesalahan di Beckett. Akan tetapi dua lap berselang pembalap Red Bull itu tampak mengalami kendala dengan bannya sebelum terpaksa melakukan pitstop.

"Mobil ini rusak 100 persen," keluh Verstappen lewat radio sebelum kembali mengeluh kehilangan grip depan dan belakang.

Meski finis P7, Verstappen mempertahankan posisi sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 181 poin, sedangkan Perez memangkas jaraknya menjadi 34 poin setelah 10 balapan. Leclerc di peringkat tiga dengan 138 poin diikuti Sainz yang berjarak 11 poin di peringkat empat. Formula 1 akan dilanjutkan ke Red Bull Ring, Austria pada 10 Juli.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA