Jumat 19 Nov 2021 20:28 WIB

Davies Nikmati Momen Terakhir Karier di WSBK Mandalika

Musim ini bakal menjadi musim terakhir pembalap Chaz Davies di arena WSBK.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Chaz Davies.
Foto: EPA-EFE/Javier Cebollada
Chaz Davies.

REPUBLIKA.CO.ID, MANDALIKA -- Seri pamungkas World Superbike (WSBK) 2021, yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, sekaligus akan menjadi seri terakhir yang diikuti pembalap asal Wales, Chaz Davies, di pentas WSBK. Musim ini bakal menjadi musim terakhir pembalap berusia 34 tahun itu di arena WSBK.

Pembalap GoEleven Ducati itu telah mengungkapkan rencana pensiun dari gelaran WSBK kala melakoni seri ke-10 WSBK 2021, yang dihelat Jerez, Portugal, akhir September lalu. Selama 10 tahun berkiprah di pentas WSBK, Davies telah mengoleksi 34 kemenangan.

Baca Juga

Mantan pembalap Aprilia di kelas 125 cc dan 250 cc itu dianggap sebagai salah satu pembalap yang mampu konsisten bersaing di perebutan gelar juara WSBK. Davies tiga kali mengakhiri ajang balapan WSBK sebagai runner-up, yaitu pada 2015, 2017, dan 2018. Selain itu, pembalap yang bergabung bersama Ducati sejak 2014 itu juga dua kali mengakhiri klasemen akhir pembalap di peringkat ketiga, yaitu pada 2016 dan 2020.

Pada musim ini, prestasi terbaik Davies adalah saat duduk di podium kedua pada sesi balapan kedua di seri kedua di Sirkuit Estoril. Davies mengakui, tiga sesi, dua sesi balapan dan sesi perebutan superpole, di seri pamungkas WSBK musim ini akan terasa sangat emosional dan berbeda lantaran menjadi penutup kariernya di WSBK.

Davies pun bertekad untuk bisa finis di posisi terbaik di tiga sesi tersebut. ''Ini akan menjadi balapan terakhir saya. Tentu, tiga sesi ini akan menjadi sangat emosional dan berbeda buat saya. Namun, kami di sini untuk menyelesaikan pekerjaan kami, yaitu mendapatkan hasil terbaik,'' kata Davies seperti dilansir Crash, Jumat (19/11).

Davies juga bersemangat untuk mengaspal di Sirkuit Mandalika. Ini menjadi kesempatan pertama dan terakhir Davies menjajal trek di sirkuit yang baru pertama kali masuk dalam agenda WSBK tersebut.

Davies mengungkapkan, akan benar-benar menikmati kesempatan untuk bisa mengaspal di Sirkuit Mandalika.

''Kami berada di sirkuit baru, yang terlihat begitu luar biasa, dan berada di negara yang baru masuk dalam kalender balapan. Saya siap dan bersemangat untuk menjelajahi trek baru ini. Saya akan menikmati akhir pekan ini sebaik mungkin dan mendapatkan hasil maksimal. Saya sudah tidak sabar untuk berada di atas trek,'' jelas Davies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement