Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Quartararo Juara Dunia Moto GP 2021

Ahad 24 Oct 2021 19:57 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

Pembalap Prancis Fabio Quartararo merayakan tempat keduanya di podium balapan MotoGP San Marino, di sirkuit Misano di Misano Adriatico, Italia, Minggu, 19 September 2021.

Pembalap Prancis Fabio Quartararo merayakan tempat keduanya di podium balapan MotoGP San Marino, di sirkuit Misano di Misano Adriatico, Italia, Minggu, 19 September 2021.

Foto: AP/Antonio Calanni
Perolehan poin Quartararo sudah tak bisa dikejar Francesco Bagnaian yang terjatuh

REPUBLIKA.CO.ID, MISANO -- Fabio Quartararo menjadi juara dunia Moto GP 2021. Ia gagal naik podium di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, Emilia Romagna, Ahad (24/10) malam WIB. Namun hasil tersebut tetap membuat pembalap Monster Energy Yamaha itu berpesta.

Perolehan poinnya sudah tak bisa dikejar Francesco Bagnaian yang terjatuh pada balapan kali ini.  Sejatinya Bagnaia memimpin bapalan sejak lap pertama. Disusul, andalan Repsol Honda Marc Marquez.

Bagnaia terlihat nyaman mendahului para pesaingnya. Sementara Marquez yang start di posisi keenam, melewati beberapa nama di depannya. Memasuki lap kesembilan ia meninggalkan Pol Espargaro di urutan ketiga dengan selisih lebih dari tiga detik.

Pemimpin klasemen sementara, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha tak kalah mumpuni. Pada lap ke-13, ia menembus urutan kesembilan. Ia memulai balapan dari posisi ke-15.

Ouartararo terus menunjukkan perkembangan signifikan. Pada lap ke-15, ia naik ke urutan ketujuh. Sementara di posisi dua besar, Marquez menempel ketat Bagnaia. Ia meninggalkan Esparago dengan selisih lebih dari lima detik.

Pada lap ke-18, Quartararo meleset ke urutan keenam. Perlahan tapi pasti ia naik ke urutan kelima pada lap ke-22. Di posisi dua besar sempat belum ada perubahan. 

Barulah di empat lap terakhir, drama terjadi. Bagnaia terjatuh di lintasan. Itu tidak hanya membuat Marquez ke posisi pertama. Tapi juga sekaligus memuluskan langkah Quartararo ke tangga juara.

Qurtararo akhirnya finis di urutan keempat. Marquez finis di posisi pertama dengan catatan waktu 41 menit 52,830 detik. Di urutan kedua ada Espargaro, tertinggal 4,859 detik dari si Babby Alien. Enea Bastianini asal Avintia Esponsorama Racing berakhir di posisi ketiga.

Quartararo kini mengantongi 270 poin. Ia unggul 68 angka atas Bagnaia di tangga kedua. Dengan cuma tersisa dua balapan, pria Prancis itu sudah dipastikan menjadi juara Moto GP 2021.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA