Jumat 23 Jul 2021 19:55 WIB

Rio Waida Sempat Tegang Bawa Merah Putih di Defile Olimpiade

Rio Waida membawa bendera Merah-Putih dalam defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Peselancar Indonesia Rio Waida membawa bendera Merah-Putih saat defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021)
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Peselancar Indonesia Rio Waida membawa bendera Merah-Putih saat defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kontingen Indonesia muncul pada urutan ke-22 saat defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, yang berlangsung di Stadion Nasional Baru, Tokyo, Jumat (23/7) malam WIB. Terlihat 10 orang yang ada di tim Indonesia dalam parade upacara pembukaan.

Kontingen Indonesia dipimpin oleh Rio Waida yang membawa bendera Merah-Putih. Rio didampingi Nurul Akmal.

Baca Juga

Rio Waida merupakan atlet selancar ombak. Dirinya dipilih membawa bendera Indonesia karena memiliki kedekatan dengan Jepang.

"Rio Waida, atlet peselancar (ombak) asal Indonesia yang memiliki darah keturunan Saitama, Jepang," demikian komentator acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Jumat (23/7).

Rio Waida terlihat tegang saat mengibarkan bendera Merah-Putih pada parade upacara pembuka. Meski begitu, ia tetap berjalan dengan percaya diri dengan mengenakan pakaian adat Bali Payas Madya, yakni kemeja putih dan beskap hitam serta kain batik Bali gemerlap emas.

photo
Kontingen Indonesia mengikuti defile dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). - (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Total Indonesia berkekuatan 10 orang di parade upacara pembukaan Olimpiade ke-32. Selain Rio dan Nurul, ada dua atlet lain yang ikut yakni atlet renang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani.

Kemudian ada pelatih angkat besi Dirdja Wihardja, pelatih surfing Tipi Jabrik, pelatih panahan Permadi Sandra Wibowo, pelatih renang Donny Budiarto Utomo dan pelatih bulu tangkis Rionny Mainaky. Rosan Roeslani juga masuk dalam rombongan defile sebagai ketua kontingen Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement