Selasa 02 Mar 2021 21:20 WIB

MPL Indonesia Bertekad Edukasi Masyarakat Soal Esports

Platform MPL menyelenggarakan sebanyak 1.400 turnamen.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mobile Premier League (MPL).
Foto: Esports.
Mobile Premier League (MPL).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobile Premier League (MPL), platform esports dan mobile gaming terbesar di Asia baru saja berhasil menggalang pendanaan Seri D senilai 95 juta dollar Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh Composite Capital dan Moore Strategic Ventures.

“Pendanaan baru ini akan digunakan MPL Indonesia untuk membangun brand awareness secara agresif mengingat platform kami masih cukup baru di industri gaming di Indonesia. Kami juga ingin mengedukasi pasar mengenai keunikan proposisi kami dimana memungkinkan game menjadi kegiatan yang produktif dan bagaimana pemain kami dapat berkompetisi secara sportif dalam bermain game dan mendapatkan hadiah. Harapan kami MPL dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam mengembangkan ekosistem esport di Indonesia,” papar Ridzki Syahputera, Country Head, MPL Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima republika.co.id, Selasa (2/3).

Beberapa tahun terakhir ini mobile gaming dan esport berkembang pesat di Indonesia. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, esport di Indonesia terus berkembang dan bertumbuh dengan angka mencapai Rp 13 triliun. Sementara, populasi pengguna online mencapai 52,6 juta orang dan jumlah gamers mencapai 34 juta pemain. Besarnya peningkatan ini juga berdampak pada platform gaming berbasis skill seperti MPL yang kini memiliki kurang lebih 3,5 juta pemain di Indonesia.

Seperti seorang atlet olahraga pada umumnya, atlet esport juga perlu berlatih secara rutin dan mengikuti ajang kompetisi untuk menguji perkembangan kemampuan mereka. Sekarang kesempatan menjadi atlet e-sport semakin terbuka melalui MPL. Semua dapat dilakukan di dalam platform MPL, dari mulai memilih game yang mereka minati dan berlatih untuk mengasah ketangkasan secara rutin. 

Pemain juga dapat mengikuti turnamen secara lebih mudah, dari mulai registrasi, kompetisi, hingga penerimaan hadiah setelah turnamen berakhir dapat dilakukan di satu platform MPL.

Platform MPL menyelenggarakan sebanyak 1.400 turnamen setiap harinya, seperti Master Skor, Dua Pilar dan Makin Jago. Nantinya pemenang akan mendapatkan hadiah berupa berlian kemenangan yang dapat ditarik ke GoPay atau LinkAja. Untuk turnamen yang berskala lebih besar seperti Salam TeMPL dan Kado Akhir Pekan, hadiahnya juga lebih besar seperti sepeda motor, laptop dan telepon genggam. Sedangkan pada turnamen berskala nasional seperti Piala Presiden 2020, MPL memberikan hadiah uang tunai sejumlah Rp 225 juta kepada para pemenang.

“Dalam beberapa bulan terakhir - terutama sejak diluncurkannya brand campaign di beberapa saluran TV - user based MPL berkembang sebesar 85%. Melihat antusiasme ini kedepannya kami memiliki harapan untuk meningkatkan sinergi dengan Local Games Developer dan terus mengedukasi masyarakat mengenai esport sebagai salah satu upaya untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Ridzki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement