Ahad 06 Sep 2020 17:02 WIB

Yonatan Belajar Bercocok Tanam Hidroponik Selama Pandemi

Untuk pertama, Yonatan menanam kangkung dan pakcoy.

Rep: Fitriyanto/ Red: Agung Sasongko
Warga merawat tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik (Ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Warga merawat tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa Pandemi Covid-19 membuat banyak orang memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Hal ini tidak sedikit yang dimanfaatkan untuk berkebun secara hidroponik.

Ini pula yang dilakukan pebasket Pacific Caesar Surabaya, Yonatan,  yang memiliki kegiatan baru dengan belajar menanam hidroponik. Untuk pertama, Yonatan menanam kangkung dan pakcoy. Kedua sayuran itu ditanam Yonatan di rumah.

Baca Juga

"Belajar sendiri, lewat Youtube dan browsing saja. Kebetulan memang tertarik dengan cocok tanam seperti itu,” ujar Yonatan dilansir dari laman resmi IBL Indonesia, Ahad (6/9).

“Setelah dicoba ternyata tidak sulit dan ternyata menyenangkan menanam sesuatu dan melihatnya tumbuh,” imbuhnya. 

Yonatan bahkan berencana memeluas kebun hidroponiknya. Saat ini, Yonatan memanfaatkan lahan kosong di bagian atas rumah.

Tak disangka, dari kegiatan iseng, ternyata hobi menanam Yonatan menuai hasil. Beberapa tetangga ada yang membeli hasil panen Yonatan. “Jadinya malah bisnis. Ada beberapa orang yang memesan, jadi lumayan,” tutur Yonatan.

Untuk lanjutan IBL Pertamax 2020, Yonatan mengaku sudah berlatih bersama Pacific Caesar Surabaya. Namun, latihan yang berjalan belum penuh. "Sudah kumpul, tetapi masih latihan ringan. Pelatih juga baru, jadi kami adaptasi lagi," pungkas Yonatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement