Ahad 14 Jan 2018 16:11 WIB

Menkes Khawatirkan Migrasi Virus Saat Asian Games 2018

Rep: Djoko Suceno/ Red: Endro Yuwanto
Menkes Nila F Moeloek menyampaikan paparannya saat kunjungan kerja ke PT Bio Farma Bandung, Sabtu (13/1).
Foto: Republika/Djoko Suceno
Menkes Nila F Moeloek menyampaikan paparannya saat kunjungan kerja ke PT Bio Farma Bandung, Sabtu (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek, khawatir migrasi berbagai virus dan penyakit yang dibawa kontingen Asian Games XVII di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus-2 September mendatang. Untuk mencegah hal tersebut, Kemenkes akan membahas persoalan tersebut dengan Kemenpora.

"Kami akan duduk bersama dengan Menpora Imam Nahrawi untuk membahas masalah ini. Jangan sampai mereka (kontingen Asian Games) datang membawa penyakit," kata Nila saat melakukan kunjungan kerja ke PT Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Sabtu (13/1).

Menurut Menkes, kedatangan peserta Asian Games memang memiliki dampak positif dan negatif. Dampak negatifnya, yaitu kemungkinan mereka membawa virus dan penyakit menular lainnya.

Sejak jauh hari, lanjut Nila, pemerintah telah memberikan informasi secara reami tentang KLB difteri. Langkah tersebut dilakukan agar peserta Asian Games melakukan antisipasi sebelum masuk ke Indonesia. Sementara pihak tamu juga harus melakukan langkah antisipasi agar mereka datang dengan tidak membawa penyakit. "Harus adil. Kita informasikan kondisi kita. Dan kita pun memproteksi jangan sampai penyakit menular (yang dibawa) berkembang di kita," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement