Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

TAFISA Games 2016 Momentum Kebangkitan Olahraga Masyarakat Lokal

Selasa 16 Feb 2016 19:32 WIB

Red: Heri Ruslan

Tafisa Games 2016

Tafisa Games 2016

Foto: tafisaworldgames2016.com

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Indonesia akan menjadi tuan rumah TAFISA Games 2016. Pesta olahraga rekreasi yang akan diikuti 12 ribu atlet dari 112 negara itu harus menjadi momentum kebangkitan budaya dan olahraga masyarakat lokal, sekaligus mengangkat martabat bangsa.

"TAFISA Games 2016 di Jakarta menjadi sarana untuk mempercepat pengembangan budaya olahraga dan kesehatan masyarakat dunia. Sekaligus menjadi momentum kebangkitan budaya dan olahraga masyarakat lokal,” ujar Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Alfitra Salamm dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2).

Sekretaris Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016 itu berharap, perhelatan akbar itu akan mendapatkan dukungan penuh masyarakat mengingat bisa menjadi ajang mengangkat martabat Indonesia di mata bangsa-bangsa dunia. “Kita harus bisa memanfaatkan momentum ini,” ungkapnya.

TAFISA Games bakal digelar di Jakarta, 6 hingga 12 Oktober 2016. Penyelenggara event internasional ini melibatkan 11 kementerian dan Kepolisian Republik Indonesia serta Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI).

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Sylviana Murni menambahkan, TAFISA Games 2016 bisa menjadi ajang pengembangan olahraga tradisional yang semakin dilupakan dari seluruh dunia.

“Suatu kehormatan bagi masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta untuk dapat menyaksikan beragam atraksi budaya dan olah raga rekreasi dari seluruh pelosok dunia,” ungkap Sylviana yang juga Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016.

Ia mengajak kepada semua pihak dan warga Ibu Kota untuk mendukung penuh kegiatan ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sudah siap mengerahkan semua sumber dayanya untuk menyukseskan gelaran akbar ini. “Pemprov DKI sudah menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh acara ini, dari mulai dukungan SDM, hingga sarana prasarana agar TAFISA Games 2016 bisa berlangsung sukses,” katanya.

Menurut dia, Pemprov DKI juga akan memanfaatkan event ini sebagai upaya memperkenalkan beragam kawasan wisata unggulan serta budaya lokal yang belum banyak dikenal warga dunia.  “Khususnya di kawasan-kawasan heritage yang tengah diusulkan kepada UNESCO,” tutur dia.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016, Hayono Isman mengatakan ribuan delegasi dari berbagai negara akan ikut berkompetisi dengan gembira di berbagai venue yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta. Di antara, Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Sudirman-Thamrin dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pada event ini, kata dia, Indonesia bertekad mempromosikan berbagai olahraga rekreasi tradisional yang sudah berurat akar di masyarakat. Misalnya, dengan memperkenalkan permainan egrang, terompah panjang, layang-layang, lompat batu nias, senam kreasi daerah dan senam poco-poco, pencak silat budaya, sepeda tua (ontel), gulat tradisional dan sebagainya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA