Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Ajib... Nenek Satu Abad Ini Keranjingan Internet

Kamis 27 Sep 2012 07:36 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Eugenie Bitar, nenek satu abad yang doyan berselancar di dunia maya.

Eugenie Bitar, nenek satu abad yang doyan berselancar di dunia maya.

Foto: Al-Arabiya

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Meski usianya sudah menembus satu abad alias seratus tahun, seorang perempuan Lebanon ogah dibilang gaptek. Wanita bernama Eugenie Bitar itu sering duduk di depan laptop untuk berselancar di dunia maya.

Ia bahkan aktif di jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter. Tak hanya itu, nenek nyentrik itu juga berkomunikasi video dengan kerabatnya di luar negeri yang bertahun-tahun tidak bersua. Eugenie mengatakan kecanggihan teknologi saat ini merupakan berkah baginya.

"Tidak ada orang lebih tua dari saya. Lebih banyak yang jauh lebih muda di desa ini," katanya seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Rabu (26/9).

Nenek satu abad itu tinggal di Desa Akkar, utara Libanon. Ia mengaku belajar internet dari cucu-cucunya. "Mereka masih sangat muda, berumur 12 tahun. Awalnya mereka meledek saya, tapi kemudian mau menjelaskan cara menggunakan internet," papar Eugenie sembari menggulum senyum.

Hobi baru Eugenie itu dilakukannya agar tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang tersayang. Pasalnya, ia sudah tak sanggup untuk pergi jauh karena faktor usia.

Eugenie acapkali berkirim surat elektronik dan berkomunikasi melalui layanan Skype dengan kerabatnya yang sudah tujuh tahun tak bertemu. "Dengan internet kita bisa melihat kerabat kita sedang duduk di rumah," ujarnya yang kerap memakai earphone saat di depan laptop.

Saat ini ia tinggal dengan keluarga anak laki-lakinya. Tiga anaknya yang lain telah meninggal. Dua di antaranya karena perang saudara di Lebanon. Di dunia maya, ia tak pelit berbagi rahasia panjang umur kepada siapa saja yang bertanya.

"Jujurlah pada cinta dan hatimu. Tak ada yang lebih kuat ketimbang kebaikan dan cinta dari orang-orang terdekat," nasehatnya.

sumber : Al-Arabiya.net
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA