Ahad 08 May 2016 07:00 WIB

Cerita Pekik 'Merdeka' dan Takbir 'Allahu Akbar' Bung Tomo

Bung Tomo
Foto: Youtube
Bung Tomo

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Pascakemerdekaan, sejumlah fasilitas umum menjadi sasaran coret-coret para pemuda. Salah satunya adalah trem listrik. Contohnya coretan di trem listrik dengan huruf-huruf mencolok berisi kata-kata dalam Inggris: "Van Mook what are you doing".

Kalimat itu adalah ejekan terhadap upaya pemerintah kolonial Belanda di bawah pimpinan Jenderal Van Mook untuk kembali menjajah Indonesia yang baru saja memproklamirkan kemerdekaannya.

Tentara Belanda NICA (Netherlands Civil Administration) membonceng tentara sekutu pimpinan Inggris, untuk melucuti tentara Jepang dan melindungi para tawanan perang sekutu (Allied Prisoners of War) pada 16 September 1945. Ketika itu, kota Jakarta sudah dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah RI.

Tapi ketika pasukan sekutu (Inggris) dan NICA ke Jakarta, dalam sekejap mata saja telah berubah dari kota yang tenang menjadi kota yang bergelora dilanda semangat revolusi. Seluruh rakyat bangkit dan hanya dengan bersenjatakan bambu runcing dan beberapa senjata yang mereka rampas dari tentara Jepang, siap mati untuk mempertahankan kemerdekaan.

Padahal ketika itu para pemuda patriot bangsa sudah mulai merebut serta menduduki gedung dan perusahaan-perusahaan penting dan vital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement