Rabu 12 Aug 2020 12:51 WIB

Lagu Phil Collins Kembali Hit Berkat Video Reaksi Youtube

Lagu 'In the Air Tonight' milik Phil Collins kembali ngetop 39 tahun sejak dirilis.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Phil Collins pertama kali merilis In The Air Tonight pada 1980. Lagu ini kembali hit dan masuk tiga besar di iTunes berkat video reaksi di Youtube.
Foto: AP PHOTO
Phil Collins pertama kali merilis In The Air Tonight pada 1980. Lagu ini kembali hit dan masuk tiga besar di iTunes berkat video reaksi di Youtube.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Lagu "In the Air Tonight" dari Phil Collins kembali hit berkat sebuah video reaksi di Youtube. Ulasan spontan dari Youtuber kembar asal Gary, Indiana, AS membuat lagu kembali viral dan banyak diperbincangkan.

Saudara kembar Tim dan Fred Williams membahas lagu Collins dalam video mereka yang diunggah 27 Juli 2020. Komentar kocak dari kedua pemuda berusia 22 tahun itu membuat video berhasil menjaring 3,2 juta penonton.

Baca Juga

Semula, Tim dan Fred mengomentari sampul lagu yang menampilkan wajah Collins. Fred menyebut sang penyanyi menatap langsung ke jiwanya. Begitu intro musik terdengar, mereka lanjut melontarkan berbagai celetukan.

Selain mengapresiasi lagu, mereka bercanda tentang sikap dingin sang penyanyi. Komentar lain adalah keheranan karena beat tiga menit bisa menjadi sebuah lagu. Sejauh ini, Collins belum memberikan respons atas video itu.

 

Saluran Youtube TwinsthenewTrend milik si kembar yang memiliki 350 ribu pelanggan memang kerap membuat video reaksi terhadap sejumlah lagu. Popularitas video mereka cukup baik dan keduanya menduga apa penyebabnya.

"Karena kami berkulit hitam dan mereka (warganet) tidak menyangka kami mendengarkan jenis musik seperti ini," kata Fred.

 
Tim menimpali, "Jarang melihat orang-orang terbuka saat ini. Tidak banyak yang beranjak dari zona nyaman dan bereaksi terhadap musik yang tidak mereka ketahui."

Setelah 39 tahun sejak dirilis, "In the Air Tonight" kini menduduki posisi ketiga di tangga lagu penjualan iTunes. Posisinya menyusul "WAP" dari Cardi B-Megan Thee Stallion dan "Beers and Sunshine" dari Darius Rucker.

Itu bukan hanya fenomena satu hari. Kalkulasi dari Alpha Data menunjukkan bahwa lagu "In the Air Tonight" menjadi lagu dengan penjualan keempat tertinggi pada 8 Agustus, naik drastis dari posisi ke-185 pekan sebelumnya.

Akan tetapi, data streaming-nya tidak banyak menunjukkan perubahan. Artinya, dampak popularitas dunia maya mengimbas penjualan dan bukan streaming. Hal itu mengindikasi siapa pendengar yang mengakses lagu.

Viralnya lagu akibat video reaksi membuat audiens lama kembali mendengarkan "In The Air Tonight" yang dulu mereka cintai. Lagu lebih menjangkau pendengar lama daripada pendengar baru seperti si kembar, dikutip dari laman Variety.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement