Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Pendapatan Top Gun: Maverick Melampaui Ekspektasi

Ahad 29 May 2022 16:12 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Sekuel Top Gun: Maverick yang hadir hampir empat dekade setelah film pertamanya meraup pendapatan yang melampaui perkiraan awal. (ilustrasi)

Sekuel Top Gun: Maverick yang hadir hampir empat dekade setelah film pertamanya meraup pendapatan yang melampaui perkiraan awal. (ilustrasi)

Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Top Gun: Maverick menghasilkan sekitar Rp 753,14 miliar pada 27 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tom Cruise kembali membuat penonton terkesima. Sekuel Top Gun: Maverick yang hadir hampir empat dekade setelah film pertamanya meraup pendapatan yang melampaui perkiraan awal. Film menghasilkan 51,8 juta dolar AS (sekitar Rp 753,14 miliar) pada Jumat (27/5/2022).

Proyeksi penghasilan film sebesar 153 juta dolar AS (sekitar Rp 2,22 triliun) dalam empat hari. Ulasan film juga sangat cemerlang, membuktikan bahwa Cruise memiliki karier yang berkembang dan kini ada di momen terbaik. Film dilaporkan memiliki anggaran 170 juta dolar AS (sekitar Rp 2,47 triliun).

Baca Juga

Dari pendapatan 51,8 juta dolar AS pada Jumat, sebanyak 19,3 juta dolar AS berasal dari penayangan preview film pada Kamis (26/5/2022). Pemutaran sinema di layar IMAX dan PLF berkontribusi sekitar 40 persen dari bisnis film. Paramount mengharapkan pendapatan 37,5 juta dolar AS pada Sabtu, dan total penghasilan tiga hari sekitar 123 juta dolar AS.

Paramount harus senang dengan pendapatan Maverick. Jika proyeksi keuntungan tepat, film melebihi Iron Man 2 dengan pendapatan pembukaan sebesar 51,2 juta dolar AS pada 2010. Sinema juga bakal mengalahkan pemegang rekor saat ini, Pirates of the Caribbean: At World's End.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness diperkirakan akan meraih posisi kedua. Pendapatan film pada Jumat tercatat sebesar 4,4 juta dolar AS dan perkiraan empat hari sebesar 21,8 juta dolar AS. Rilisan besar lainnya akhir pekan ini adalah The Bob's Burgers Movie dari 20th Century Studios.

Sinema itu diharapkan menyelesaikan debut akhir pekan dengan 19 juta dolar AS. Sementara, Downton Abbey: A New Era mencatat penurunan 60 persen di akhir pekan kedua, dan diharapkan menyelesaikan akhir pekan dengan pendapatan 6,4 juta dolar AS setelah mengumpulkan 1,7 juta dolar AS pada Jumat pekan keduanya. 

The Bad Guys dari Universal diperkirakan meraup 6,4  juta dolar AS dalam empat hari, menjadikan pendapatan total domestik berjalannya melebihi 80 juta dolar AS. Dengan semua kalkulasi keuntungan yang ada, Top Gun: Maverick agaknya bakal mendominasi box office selama beberapa pekan ke depan. Setidaknya, hingga Jurassic World Dominion rilis dan jadi pesaing kuat, dikutip dari laman Collider, Ahad (29/5/2022).

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA