Senin 17 May 2021 17:31 WIB

Jaket Musisi Janet Jackson Terjual Rp 1,1 Miliar

Jaket dilelang atas kerjasama dengan Julian Auction di Beverly Hills.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Janet Jackson
Foto: EPA
Janet Jackson

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Jaket gaya militer yang dikenakan Janet Jackson selama tur album "Rhythm Nation" tahun 1990-nya terjual seharga 81.250 dolar AS atau sekitar Rp 1,1 miliar. Jaket dilelang atas kerjasama dengan Julian Auction di Beverly Hills.

Pihak Julien Auction mengatakan bahwa jaket itu diperkirakan hanya terjual seharga 4.000 hingga 6.000 dolar AS. Namun nyatanya jaket terjual 20 kali lipat dari perkiraan pra-penjualan.

Baca Juga

Jaket hitam The Rhythm Nation adalah salah satu barang yang banyak diincar dari pelelangan kostum panggung dan memorabilia Jackson. Tur The Ryhthm Nation adalah tur perdana Jackson sebagai artis solo utama.

Namun demikian, pihak Julien tidak mengungkap identitas pembeli dari jaket tersebut.

 

Prototipe jaket yang sama dijual seharga 21.875 dolar AS atau sekitar Rp 311 juta. Tak hanya itu, sebuah anting melingkar dengan aksen kunci yang Jackson kenakan saat tur pada tahun 1990 dan pada beberapa penampilan lainnya, juga terjual dengan harga fantastis yakni 43.750 dolar AS atau sekitar Rp 622 juta.

Pemenang Grammy lima kali yang akan berusia 55 tahun itu, telah melelang lebih dari 1.000 kostum yang dia kenakan di atas panggung, saat tur hingga di video musik.

Namun kostum yang paling terkenal dari Jackson yakni bustier berwarna hitamnya tidak termasuk dalam pelelangan.

Dilansir dari Reuters, Senin (17/5), sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan ke Kristen Compassion International, yang memberikan sponsor terhadap anak-anak. Jackson juga akan memberikan 100 persen dari penjualan kumpulan katalog lelang tiga volume edisi terbatas, yang ditawarkan dengan harga 800 dolar AS, kepada organisasi nirlaba tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement