Sabtu 31 Oct 2020 20:24 WIB

Sean Connery, Aktor James Bond Tutup Usia

Sean Connery meninggal dalam usia 90 tahun.

Aktor asal Inggris, Sean Connery, memerankan film James Bond pada 1962. Connery tutup usia di Bahama dalam usia 90 tahun.
Foto: EPA
Aktor asal Inggris, Sean Connery, memerankan film James Bond pada 1962. Connery tutup usia di Bahama dalam usia 90 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor legendaris Sean Connery meninggal dalam usia 90 tahun. Menurut The Guardian, penyebab kematian pemeran James Bond ini belum diketahui.

Connery yang menerima gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II pada 2000 berulang tahun ke-90 pada Agustus lalu. Beberapa waktu belakangan ini, kondisi kesehatan Connery dikabarkan tidak terlalu baik.

Baca Juga

Menurut laporan BBC, pihak keluarga mengatakan bahwa salah satu aktor yang dianggap paling bagus memerankan tokoh mata-mata ikonik itu meninggal dalam tidur selagi di Bahama.

 

Connery juga terkenal lewat perannya di The Man Who Would Be King, The Name of the Rose, dan The Untouchables. Pemilik nama lengkap Thomas Sean Connery ini lahir pada 1930 dan melewati masa remaja di Fountainbridge, area keras di Edinburgh.

Pada usia 14 tahun, Connery berhenti sekolah dan bekerja sebagai pengantar susu Co-op. Tahun 1948, ia bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan (Royal Navy), tapi kemudian diberhentikan karena alasan medis.

Pada usia 18 tahun, Connery mulai menjadi binaraga. Dia kemudian mendapatkan pekerjaan sebagai model, bahkan pernah menjajal Mr Universe 1953, meski tidak menang.

Ketertarikan Connery pada dunia akting membuatnya memanfaatkan kunjungannya ke London sebagai peserta Mr Universe untuk audisi pertunjukan South Pacific. Itulah kali pertama dia mendapatkan peran.

Connery kemudian naik daun, dimulai dari peran-peran kecil di TV, seperti Dixon of Dock Green dan The Jack Benny Program. Peran pertamanya di film didapatkannya pada 1957, yakni sinema thriller Inggris No Road Back.

Connery kemudian dapat peran utama sebagai petinju dalam Requiem for a Heavyweight versi BBC. Berikutnya, ia tampil dalam Hell Drivers, Action of the Tiger, dan Another Time, Another Place yang membuatnya beradu akting dengan Lana Turner, bintang Hollywood.

Pada usia 30 tahun, Connery menjadi sosok penting dalam film yang diadaptasi dari seri novel James Bond karya Ian Fleming. Dia menjadi pemeran utama dalam produksi antara 1963 hingga 1967, mulai dari From Russia With Love, Goldfinger, Thunderball, dan You Only Live Twice.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement