Rabu 07 Oct 2020 08:15 WIB

Eddie Sukses Bareng Van Halen, Kolab dengan Michael Jackson

Eddie Van Halen meninggal dunia di Santa Monica, AS, pada Selasa (6/10).

Gitaris legendaris Eddie Van Halen tutup usia pada Selasa (6/10) setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker.
Foto: EPA
Gitaris legendaris Eddie Van Halen tutup usia pada Selasa (6/10) setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gitaris legendaris Eddie Van Halen meninggal dunia setelah perjuangan panjangnya melawan kanker pada Selasa (6/10) waktu setempat di usia 65 tahun, dilansir Variety. Kabar tersebut diungkap oleh sang anak, Wolfgang Van Halen, melalui akun Twitter-nya.

"Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya minta. Setiap momen yang saya bagikan dengannya di dalam dan di luar panggung adalah sebuah hadiah. Hati saya hancur dan saya rasa saya tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini," ujar Wolf.

Baca Juga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

I can’t believe I’m having to write this, but my father, Edward Lodewijk Van Halen, has lost his long and arduous battle with cancer this morning. He was the best father I could ever ask for. Every moment I’ve shared with him on and off stage was a gift. My heart is broken and I don’t think I’ll ever fully recover from this loss. I love you so much, Pop.

A post shared by Wolf Van Halen (@wolfvanhalen) on

 

Lahir di Belanda dan dibesarkan di Pasadena, Kalifornia, Eddie mendirikan Van Halen dengan kakak laki-lakinya, Alex (drummer). Saudara kandung itu bergabung dengan vokalis David Lee Roth dan bassis Michael Anthony di lineup rekaman pertama grup, yang meledak setelah pertunjukan mereka di klub-klub Hollywood Barat, seperti Gazzarri dan Starwood.

"Eruption" merupakan showcase solonya pada debut album Van Halen di 1978. Di sini, Eddie membuktikan dirinya untuk menjadi seorang instrumentalis yang harus diperhitungkan.

Bertindak sebagai sutradara musik di band dan ikut menulis lagu-lagu band yang cadas, yang melewati batas antara hard rock dan heavy metal, Eddie Van Halen segera menemukan kesuksesan. Ia tampil sebagai sosok yang merumuskan gaya yang kemudian ditiru oleh para rocker berambut panjang.

LP pertama Van Halen, Van Halen mendapat sertifikasi untuk penjualan 10 juta kopi meskipun cuma bertengger di No.19 tangga lagu di AS. Lima album multi-platinum berikutnya semuanya mencapai 10 besar, yakni 1984 yang dirilis pada tahun titulernya.

Lagu tunggalnya "Jump" menjadi satu-satunya lagunya yang berhasil menduduki posisi pertama. Lagu tersebut juga menggunakan synthesizer dan mampu mencapai 10 juta unit lainnya.

Eddie Van Halen juga terkenal dengan permainan gitarnya di luar bandnya. Dia tampil memukau saat mengiringi Michael Jackson dalam single "Beat It" pada 1983.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement