Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Bob Dylan Menghilang Usai Dianugerahi Nobel Sastra

Selasa 18 Oct 2016 10:05 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari

Musisi Bob Dylan

Musisi Bob Dylan

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Komite Penghargaan Nobel menyerah untuk mencari Bob Dylan (75 tahun), lima hari setelah dia menjadi musisi pertama yang dianugerahi hadiah nobel sastra. Dylan hingga kini belum menanggapi penghargaan yang diumumkan Kamis pekan lalu.

Saat pengumuman pemenang, Dylan tengah menggelar konser di Las vegas, dan tak banyak berbicara mengenai penghargaan tersebut. Sehari setelah  pengumuman, ia tampil di Coachella, dan mendapat pujian dari The Rolling Stones.

''Kami ingin berterima kasih kepada Bob Dylan untuk seting luar biasanya. Kami tidak pernah satu panggung dengan pemenang nobel sebelumnya. Bob seperti Walt Whitman kami,'' kata Mick Jagger, dilansir Telegraph, Selasa (18/10).

Dylan memiliki sejarah panjang dan tak menentu dengan acara penghargaan, dimulai dengan 1963 dalam Tom Paine Award untuk hak-hak sipil. Dalam pidato di penghargaan itu, ia berbicara seperti orang melantur dan bersimpati dengan pembunuh JFK, Lee harvey Oswald, meski meminta maaf setelahnya.

Pada tahun 2000, ia memenangkan Oscar untuk lagu original terbaik, dengan judul Things Have Changes dari film Wonder Boys. Namun, juga tidak hadir dalam penghargaan tersebut, dan memilih untuk menerima penghargaan itu melalui tautan video dari Australia.

Pada 2007, ia juga melewatkan upacara putra mahkota Spanyol, untuk penghargaan Prince of Asturias, dan malah konser di Omaha. Pada 2010, ia juga gagal tampil di Gedung Putih, untuk mengumpulkan medali nasional untuk seni.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA