Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

5 Hal Mungkin Belum Anda Ketahui tentang Sailor Moon

Senin 29 Dec 2014 21:02 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

Sailor Moon

Sailor Moon

Foto: JpopAsia

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Seri magis Naoko Takeuchi yang satu ini memiliki efek mendalam pada fandom anime. Anime 'Sailor Moon' sudah berusia lebih dari 20 tahun terakhir. Namun, rupanya ada lima hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang serial yang populer dengan Usagi dan Tuxedo Bertopeng ini, dilansir dari Anime News Network, Senin (29/12).

1. Para Sailor Moon adalah kumpulan gadis kaya

Distrik Juuban di Tokyo adalah benar-benar nyata. Sebagian besar penduduk yang tinggi di distrik ini adalah orang kaya. Rumah Usagi yang terdiri dari dua lantai adalah buktinya.

Rumah Usagi ini sangat mahal. Ayahnya bekerja sebagai fotografer surat kabar terkenal. Ibu Ami adalah seorang dokter. Mako tinggal di sebuah apartemen di distrik itu dan dia hidup dilindungi asuransi jiwa oleh orang tuanya.

2. Keluarga Tsukino adalah representasi keluarga penulis

Rumah tangga keluarga Tsukino, meliputi Usagi, ibunya Ikuko, ayahnya Kenji, dan saudara laki-lakinya bernama Shingo. Seluruh anggota keluarga ini aslinya adalah representasi dari keluarga pencipta serial ini, Naoko Takeuchi sendiri.

3. Orang kaya di Distrik Juuban mengendarai mobil mewah

Mengingat Sailor Moon adalah anak orang-orabg kaya, maka tidak mengejutkan jika mereka mengendarai mobil-mobil mewah. Mamoru Chiba terlihat mengendarai sebuah Alfa Romeo SZ dalam serial anime ini, meskipun pada satu titik Takeuchi menariknya sebagai Tuxedo Bertopeng yang mengendarai Porsche 962 LM disalah satu episode. Haruka Tenoh memiliki Ferrari 512M dalam beberapa serial manga dan juga memiliki sepeda motor, helikopter, dan mobil balap.

4. Penjahat bertema

Semua penjahat yang ada dalam cerita 'Sailor Moon' ini memiliki tema tertentu. Dalam lima episode cerita, ada penjahat bertemakan batuan dan mineral. Pada musim lain, ada penjahat dengan tema mitos Yunani. Takeuchi suka sekali dengan hal-hal berbau kimia, seperti droid kiral dan akiral. Hal ini masuk akal karena aslinya sanga penulis, Takeuchi adalah seorang apoteker berlisensi dengan gelar Sarjana Kimia.

5. 'Sailor Moon' jadi 'One Hit Wonder'

'Sailor Moon' adalah satu-satunya karya Takeuchi yang memiliki efek mendalam dalam masyarakat anime. 'Sailor Moon' menjadi 'One Hit Wonder' selama 20 tahun sejak manga ini berakhir pada 1997. Setelah anime ini, Takeuchi pernah mengeluarkan 'Toki Meca!' namun hanya berjalan selama satu tahun 2005-2006. Ini bercerita tentang alien wanita yang berubah menjadi kecoak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA