Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Apa Saja Makanan Tradisional Imlek di Korea? (2-Habis)

Selasa 12 Feb 2013 07:22 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: A.Syalaby Ichsan

imlek korea

imlek korea

Foto: facebook

REPUBLIKA.CO.ID,  Selamat Tahun Baru Imlek 2013! Di Korea Selatan, masyarakat menyebutnya 'the lunar New Year Seollal!' Meskipun ROLers tidak berkunjung menghabiskan liburan dan menyaksikan perayaan imlek di Korea, namun ROL tetap ingin mengajak anda mengenal beberapa makanan tradisional ala imlek di Korea. Berikut daftarnya, dikutip dari Soompi (12/2).

5. Jeon

Semua orang menyukai pancake gaya Korea yang disebut Jeon. Makanan ini dibuat dengan irisan daging burung, seafood, dan sayuran. Itu semua tergantung pada apa yang Anda inginkan. Daging kemudian dicampur dengan tepung dan adonan telur yang selanjutnya ditumis. Dalam sajian peringatan Seollal, kue ini dibuat dalam porsi kecil-kecil.

6. Yaksik

Yaksik adalah hidangan Korea yang manis dan terbuat dari beras ketan dengan chestnut, jujubes, dan kacang pinus. Menu ini sering dibumbui dengan gula merah, minyak wijen, dan kecap. Secara tradisional, Yaksik dimakan pada 15 Januari dari kalender tahun baru imlek. Namun, sekarang, Yaksik juga dimakan pada beberapa hari libur Korea lainnya.

7. Dong Geu Rang Ddaeng

Dong Geu Rang Ddaeng sebenarnya berarti kue berbentuk bulat alias serabi ala Korea. Kue ini hampir sama dengan kue Jeon. Hal ini biasanya dibuat dengan campuran daging dan sayuran. Namun, dibandingkan dengan Jeon, serabi ini dibuat jauh lebih tebal dan memiliki bentuk yang sangat bulat.

8. Yakgwa

Yakgwa adalah dessert tradisional Korea. Yakgwa terbuat dari madu, minyak wijen, dan tepung terigu. Alasan mengapa makanan penutup ini berisi 'yak' atau obat adalah karena kue ini berisi madu yang diyakini memiliki sifat obat.

9. Sujeonggwa

Sujeonggwa adalah fruit punch gaya Korea. Warnanya coklat kemerahan dan terbuat dari campuran kesemek kering, kayu manis, jahe, lada, dan kacang pinus.

10. Tteokgalbi

Tteokgalbi agak mirip dengan meatloaf yang biasa dimakan di negara-negara seperti Amerika Serikat Namun, jenis ini lebih bergaya Korea. Makanan ini sebenarnya merupakan campuran daging sapi dan babi. Campuran ini dibuat menjadi bentuk persegi panjang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA