Senin 18 Jan 2016 07:00 WIB

Berland Bekas Benteng Pasukan Mataram

Tentara Mataram.
Foto: IST
Tentara Mataram.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Foto Berland di Matraman, Jakarta Timur, diambil pada 1940-an, menjelang menyerahnya Belanda kepada bala tentara Jepang. Berland yang kini bernama Jalan Kesatriaan sejak masa Belanda menjadi tempat konsentrasi dan markas militer Belanda. Memasuki Jalan Kesatriaan, dari arah Meester Cornelis (Jatinegara), kita harus berbelok kiri untuk mencapainya.

Memasuki Berland yang namanya tetap populer meski sudah diganti menjadi Jalan Kesatriaan, masih kita dapati perumahan dan tangsi militer yang sudah berdiri sejak masa kolonial. Hanya pohon-pohon rindang, seperti terlihat dalam foto, sudah tidak kita dapati lagi.

Meskipun agak masuk ke dalam dari Matraman; kendaraan, terutama milik militer, cukup ramai berlalu-lalang. Pada Februari 2010, ketika kediaman purnawirawan TNI hendak dipaksa pindah, terjadi ketegangan antara penghuninya yang menjadi korban pengosongan dan petugas. Para anak tangsi yang tinggal di Berland dijuluki anak kolong. Asal usul dari penyebutan ini tidak diketahui.

Yang jelas, antara warga Berland dengan warga Paal Meriam sering kali terjadi tawuran hingga Pemda DKI Jakarta membatasi keduanya dengan membakar 'pagar kawat' sepanjang kurang lebih 250 meter. Tawuran antara kedua warga yang tinggal saling berhadapan ini cukup merepotkan aparat keamanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement