Ahad 15 May 2022 17:07 WIB

Livescore SEA Games Cabor Sepak Bola; Babak Pertama, Indonesia 3-0 Myanmar 

Egy Maulana Vikri mencetak gol pembuka.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri. Ia mencetak gol pembuka untuk Indonesia melawan Myanmar.
Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri. Ia mencetak gol pembuka untuk Indonesia melawan Myanmar.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Timnas U-23 Indonesia memimpin di babak pertama dalam laga hidup-mati melawan Myanmar pada laga lanjutan fase grup SEA Games 2021 Vietnam di Viet Tri Stadium, Ahad (15/5/2022) sore WIB. Garuda Muda memimpin 3-0 di paruh pertama pertandingan. 

Myanmar mencoba menembus pertahanan Indonesia di menit awal tapi malah menerima serangan balik. Umpan Asnawi yang mengarah langsung ke mulut gawang Myanmar di menit ke-3 berhasil ditepis keluar pleh Pyae Phyo. Sejurus kemudian, kemelut terjadi di kotak penalti Myanmar tapi tendangan Egy masih meleset dari sasaran. 

Baca Juga

Indonesia memperoleh keunggulan di menit keenam melalui gol yang diciptakan Egy yang meneruskan percobaan gagal dari Irfan Jauhari di kotak penalti. Tendangan Egy sebetulnya berhasil dihalau oleh bek Myanmar, tapi arah bola yang berubah justru mengecoh kiper untuk membuat Myanmar tertinggal 0-1. 

Tanpa butuh waktu lama, Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-10. Gol terjadi berkat penetrasi yang diberikan oleh Ricky Kambuaya di area kotak penalti sebelum akhirnya memberikan umpan backhill yang diselesaikan oleh Witan dengan tembakan ke sisi kanan gawang. Skor pun berubah 2-0 untuk Indonesia. 

Di menit ke-15, Irfan Jauhari nyaris memperlebar kedudukan ketika menerima umpan di depan kotak penalti. Namun, tembakan Irfan berhasil diblokir oleh bek dan langsung disapu bersih. Semenit berselang, Marselino yang mendapat peluang dengan tembakan ke gawang tapi berhasil ditepis oleh kiper. 

Egy gagal memaksimalkan peluang emas di mulut gawang dari situasi tendangan sudut ketika melanjutkan tandukan dari Rizky Ridho. Sontekan kaki kiri Egy masih meleset di sisi kanan gawang. Di menit ke-26, Myanmar hampir memperkecil ketertinggalan saat mendapat ruang tembak di kotak penalti Indonesia, namun tendangan Win Nang masih meleset tipis di sisi kaman. 

Sejurus kemudian, Marselino kembali menunjukkan aksinya dengan melewati beberap pemain belakang Myanmar. Tapi tendangannya terlalu lemah dan dapat diamankan oleh kiper.  Di menit ke-29, Myanmar berhasil menjebol gawang Indonesia melalui sepakan Win Naing tapi itu dianulir karena dua pemain Myanmar berada dalam posisi offside. 

Myanmar kembali mengancam gawang Indonesia di menit ke-38. Umpan terobosan kepada Zaw Win berhasil menembus area pertahanan Indonesia, ia melepaskan umpan tarik yang disambut oleh Htet Phyoe tapi berhasil diblokir oleh Ricky. Sejurus kemudian, Lwin mendapat ruang tembak tapi berhasil diblokir oleh Ernando. 

Kedua tim saling jual beli serangan di waktu tersisa. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Indonesia akhirnya memperlebar kedudukan menjadi 3-0 di menit-menit akhir babak pertama melalui situasi tendangan sudut. Gol kali ini diciptakan oleh Marselino Ferdinan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement