Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Pelatih Timnas U-23 Thailand tak Anggap Remeh Indonesia

Rabu 18 May 2022 20:23 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih timnas U-23 Thailand, Alexandre Polking.

Pelatih timnas U-23 Thailand, Alexandre Polking.

Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Polking bertekad membawa Thailand ke final dengan mengalahkan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas U-23 Thailand, Alexandre Mano Polking, menolak untuk melihat rekor pertemuan dengan Indonesia menjelang laga kedua tim di semifinal SEA Games 2021 Vietnam. Ia mengetahui Thailand lebih unggul dalam rekor pertemuan kedua tim.

Tapi menurut Polking itu tidak relevan dengan situasi saat ini. Skuad Gajah Perang akan menghadapi Garuda Muda di Stadion Thien Truong, Nam Dinh pada Kamis (19/5/2022).

Baca Juga

Polking bertekad membawa Thailand ke final dengan mengalahkan Indonesia. Tapi ia mengakui kekuatan tim asuhan Shin Tae-yong saat ini tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, skuad Garuda Muda yang akan dihadapinya mayoritas adalah pemain yang tampil di final Piala AFF 2020.

"Itu (rekor pertemuan) hanya angka. Kami harus lihat lebih rinci kapan dan bagaimana situasi tim saat itu. Saya yakin situasinya sangat jauh berbeda saat ini karena menurut saya ini adalah generasi terbaik dari timnas Indonesia," kata Polking, Rabu (18/5/2022). "Saya yakin ini akan jauh lebih sulit dari sebelumnya."

Menurut Polking, kekuatan utama pemain Indonesia adalah dalam hal kerja sama. Pasalnya, kata Polking, skuad Garuda Muda sudah menghabiskan banyak waktu bersama untuk latihan sebelum turnamen ini. Ia menilai Egy Maulana Vikri dkk juga merupakan tim yang sangat ofensif.

"Mereka bermain baik sebagai sebuah tim, saya tidak berpikir untuk menjaga salah satu pemain tertentu. Mereka juga punya kondisi fisik yang bagus," jelas Polking.

Kendati demikian, Polking optimistis pemainnya bisa memperoleh hasil maksimal melawan Indonesia. Ia yakin dengan kekuatan dan persiapan yang telah dijalani tim asuhannya sejauh ini. Hal itu terlihat dengan hasil maksimal Gajah Perang yang lolos sebagai juara Grup B.

"Kami memainkan pertandingan yang bagus di fase grup dan kami bermain dengan pemain-pemain kuat. Kami harap itu bisa mengulanginya dengan cara yang baik di empat besar, dan segalanya mungkin dalam pertandingan nanti," tegas Polking.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA