Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Hari Ini Jadi Puncak Perebutan Medali SEA Games

Kamis 24 Agu 2017 07:09 WIB

Red: Indira Rezkisari

Atlet Indonesia Maria Natalia Londa membawa bendera merah putih usai mendapatkan perak pada nomor Lompat Jangkit SEA Games 2017 Kuala Lumpur di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Rabu (23/8).

Atlet Indonesia Maria Natalia Londa membawa bendera merah putih usai mendapatkan perak pada nomor Lompat Jangkit SEA Games 2017 Kuala Lumpur di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Rabu (23/8).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia, Kamis (24/8), bisa dikatakan sebagai puncak perebutan medali. Sebab ada 49 keping emas yang bakal diperebutkan termasuk oleh kontingen Indonesia dari 24 cabang olahraga yang diikuti.

Cabang olahraga atletik menjadi yang terbanyak yaitu sembilan emas. Di sini, Indonesia berpeluang menambahkan medali karena salah satu andalan yaitu Triyaningsih akan turun di nomor 10 ribu meter. Selain itu ada nama Emilia Nova hingga Suwandi Wijaya di nomor lompat jauh.

Sejauh ini, cabang atletik baru menyumbang satu emas lewat Hendro dari nomor jalan cepat. Maria Londa yang diharapkan merebut emas dari nomor lompat jangkit ternyata harus puas dengan hanya meraih perak.

Meski hanya meraih perak, hasil tersebut dinilai cukup bagus karena atlet asal Bali ini mampu melewati trauma cedera yang sebelumnya didapat. Bahkan lompatanya di lintasan lari Stadion Bukit Jalil sejauh 13,52 meter ini adalah yang terbaik dalam dua tahun terakhir.

"Maria sukses melalui trauma cedera yang selama ini didera. Tapi saya kira siapapun akan kecewa karena tidak meraih emas. Londa sudah menyadari kondisinya," kata sang pelatih I Ketut Pageh.

Maria Londa yang merupakan peraih emas lompat jauh Asian Games 2014 akan berpeluang meraih medali karena lompat jauh yang menjadi andalannya akan digelar dalam waktu berikutnya.

Setelah atletik cabang renang juga banyak menyiapkan emas yaitu tujuh keping. Indonesia juga berpeluang menambah emas dari nomor 100 meter gaya punggung lewat I Gede Siman Sudartawa maupun Ricky Anggawidjaja. Selain itu ada nama Triady Fauzi yang turun di 200 meter gaya ganti.

Cabang olahraga tinju juga bakal memperebutkan enam medali emas. Hingga saat ini Indonesia belum bisa berbicara banyak. Namun ada dua petinju yang masuk final yaitu Aldoms Sugoro yang turun di kelas 49-52kg dan Sarohatua Lumbatobing di kelas 60-64 kg.

Karate yang seharinya menjadi lumbung emas akan memperebutkan empat di hari terakhir pelaksanaannya. Peluang untuk menambah emas berpeluang lewat nomor kata baik putra maupun putri. Tiga emas selama ini sudah dikumpulkan Cok Istri dan kawan-kawan.

Pencak silat yang selama ini menjadi andalan juga sudah dimulai pertandingannya. Nomor ganda akan menjadi pembuka perburuan emas lewat pasangan Hendy dan Yolla Primadona Jampil. Pasangan ini diharapkan mempertahankan emas yang diraih di SEA Games 2015 lalu.

Dari cabang sepak bola, timnas Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan untuk lolos ke babak semifinal. Hansamu Yama Pratama dan kawan-kawan akan menghadapi Kamboja di Stadion Shah Alam. Kemenangan harus didapat karena untuk lolos harus bersaing dengan Vietnam dan Thailand.

Saat ini anak asuh Luis Milla ini berada di posisi tiga klasemen dengan raihan delapan poin dari empat pertandingan. Sedangkan Vietnam dan Thailand sama-sama mengemas sepuluh poin dari empat pertandingan. Jika Vietnam atau Thailand kalah dan Indonesia menang, maka tim Merah Putih akan melaju ke semifinal.

Hingga hari kelima pelaksanaan SEA Games 2017, Indonesia masih tertahan di posisi lima dengan raihan 15 emas, 17 perak dan 32 perunggu. Sedangkan untuk posisi puncak diduduki tuan rumah Malaysia dengan 47 emas, 36 perak dan 30 perunggu.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA