Kamis 24 Aug 2017 21:44 WIB

Basket Putra Indonesia Hadapi Thailand di Semifinal

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
 Pebasket Indonesia Arki Dikania Wisnu mencoba melewati pemain Vietnam pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad (20/8).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Pebasket Indonesia Arki Dikania Wisnu mencoba melewati pemain Vietnam pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad (20/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tim Basket Putra Indonesia menjadi juara grup B, setelah pada laga terakhir penyisihan berhasil mengalahkan tim terlemah Laos dengan skor mencolok 122-54 di Stadion MABA, Kamis (24/8). Hasil ini mengantar tim asuhan Wahyu Widayat Jati melangkah ke babak semifinal. 

Pada Babak Semifinal yang akan digelar pada Jumat (25/8) malam, Mario Wuysang dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Thailand. Wahyu melalui pesan singkatnya kepada Republika menyatakan kedua tim memiliki peluang menang  sama besar. 

“Kita mewaspadai pemain naturalisasi mereka, selain itu pemain lokal mereka juga sudah berpengalaman tampil di ajang kompetisi basket Asia Tenggara (SEABA),” kata dia. 

Selama babak penyisihan Cacing, sapaan akrab Wahyu, menilai para pemain masih kurang agresif. “‘Terutama saat bertahan mereka masih kurang agresiv. Komunikasi di lapangan juga masih belum berjalan. Tanpa komunikasi susah untuk dapat bertahan dengan baik,” kata dia. 

Pada laga terakhir grup B, Indonesia masih terlalu tangguh bagi Laos.. Menghadapi Laos, Indonesia menurunkan formasi utama Mario Wuysang, Sandy Fabiansyah, Arki Dikania Wisnu, Christian Ronaldo Sitepu dan Firman Adi Nugroho.

Kuarter pertama, Wuysang dkk unggul 26-15. Pada kuarter kedua, Indonesia berhasil menambah 28 angka dan hanya kemasukan 13 angka. Skuat Merah Putih pun sukes menutup paruh dengan keunggulan 54-28. 

Pada kuarter tiga, Indonesia semakin tak terbendung. Arki dan kawan-kawan mencetak 40 angka dan hanya kemasukan 15 angka. Indonesia pun unggul pada akhir kuarter tiga, 94-43. Indonesia menambah 28 angka dan hanya kemasukan 11 angka pada kuarter empat sehingga mengakhiri permainan ini dengan skoir 122-54.

Pemain naturalisasi Indonesia, Ebrahim 'Biboy' Enguio memimpin perolehan angka dengan 21 poin, disusul Sandy Fabiansyah 15 angka. Seluruh angka Sandy dihasilkan melalui tembakan tiga angka. Dari 10 kali percobaan, shooter andalan Indonesia ini berhasil masuk ke ring lawan sebanyak lima kali. 

Dua center masa depan Indonesia, Vincent Kosasih dan Firman Adi Nugroho juga tampil baik pada game kali ini.  Vincent kembali meraih double-double yakni 13 angka dan 13 rebound. Firman Adi Nugroho membukukan 12 angka, 11 rebound. Kevin Jonas Sitorus dan Abraham Grahita juga menyumbang angka dua digit, masing-masing 11 angka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement