Rabu 15 May 2024 07:26 WIB

Zikir ini Jadikan Pembacanya Punya Ingatan Kuat, Ilmu Cemerlang, dan Bijaksana

Zikir merupakan sunnah yang menenangkan hati.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Al-Quran dan Berdzikir COVID-19.
Foto: Thoudy Badai/Republika
Ilustrasi Al-Quran dan Berdzikir COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu nama indah Allah dalam Asmaul Husna adalah Ar-Rahman, yang berarti Maha Pengasih. Umat Islam yang mengamalkan nama Allah ini akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.  

Seperti diketahui, Allah memberikan kasih sayang, rahmat, kebaikan, dan kemakmuran kepada semua makhluk ciptaan-Nya tanpa pilih kasih. Dia memberikan kasih sayangnya tanpa membedakan antara yang baik dan buruk, yang beriman dan yang kafir, yang dicintai dan dibenci. 

Baca Juga

Anda dapat menyaksikan hewan melata, burung-burung, serangga, dan hewan-hewan laut diberi Allah rezeki dan dijamin hidupnya oleh Allah yang Maha Pengasih. Kasih sayang Allah kepada hambanya juga tak dapat dihitung. Seandainya air laur dijadikan tinta untuk menulis kasih sayang Allah kepada kita, kita tidak akan mampu untuk menulisnya. 

Contoh kasih sayang Allah kepada kita adalah kita diberi fisik yang sempurna dengan organ-organ yang saling bekerja sama. Kasih sayang Allah sangat luas dan tidak terbatas. Allah memberikan udara untuk kita hirup secara gratis.

Sifat Ar-Rahman ini dapat diamalkan oleh umat Islam. Jika membaca nama Allah Yang Mulia ini sebanyak seratus kali, yaitu setelah selesai mengerjakan shalat fardhu, maka akan memiliki pengetahuan yang cemerlang. 

"Dengan izin Allah Anda akan memiliki ingatan yang kuat, pengetahuan yang cemerlang, dan terhindar dari hati yang keras," kata Fathir Muhammad dalam buku "Dzikir Asmaul Husna: Untuk Kesejahteraan, Kesuksesan & Kesehatan" terbitan Adibintang.

Hati Anda juga akan dipenuhi dengan kasih sayang terhadap sesama. Hal ini akan menggerakkan hati Anda untuk membantu orang lain baik muslim maupun nonmuslim. Sungguh Islam adalah agama yang cinta damai. Karena Islam agama yang bersumber dari Allah yang Maha Pengasih. 

Anda juga mudah mendapatkan rasa simpati dari orang lain. Hal ini dikarenakan dengan membaca Ar-Rahmaan dalam zikir Anda akan membuat hati Anda dipenuhi kasih sayang Allah dan ini akan terpancar dari perilaku Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang di sekeliling Anda. 

Selain itu, menurut Fathir, jika Anda berdoa dengan menyebut nama Ar Rahmaan, Insya Allah tidak akan ditolak Allah. Contoh doa yang dapat kita lakukan saat meminta kasih sayang kepada Allah adalah sebagai berikut: 

رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَداً

“Wahai Tuhan kami, semoga Engkau berkenan memberikan rahmat (kasih sayang) dari sisi Mu kepada kami dan menyempurnakan kesadaran bagi kami atas petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (QS: Al-Kahfi: 10).

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement