Selasa 14 May 2024 21:12 WIB

Bali United Main Imbang 1-1 Kontra Persib pada Leg Pertama Championship Series Liga 1

Pertandingan diwarnai drama kegagalan penalti dan kartu merah pada babak kedua.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Pertandingan leg pertama semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 berakhir tanpa pemenang. Tuan rumah Bali United ditahan Persib Bandung 1-1 di Bali United Training Center, Gianyar, Selasa (14/5/2024) malam.

Kedua tim mencetak gol telat pada laga yang diwarnai kegagalan penalti dan kartu merah ini. Bali United mencetak gol pada menit ke-83 lewat Jefferson. Maung Bandung membalas lewat David da Silva pada menit kesembilan injury time laga.

Baca Juga

Permainan ketat tersaji sejak awal. Jual beli serangan terlihat. Para pemain berduel dengan keras. Tak jarang terjadi pelanggaran. Sampai 20 menit berlalu, belum ada perubahan angka di papan skor. 

Pada menit ke-24, tuan rumah menebar ancaman. Winger Bali United Privat Mbarga menguasai bola. Ia lantas mengirimkan umpan tarik ke pertahanan lawan. Sayang, bola sodoran Mbarga lebih mengarah ke pelukan kiper Persib, Kevin Ray Mendoza. 

Maung Bandung merespons. Serangan balik tim tamu benar-benar merepotkan lini belakang Serdadu Tridadu. Stefano Beltrame menjadi motor permainan Pangeran Biru. Sayang, Ciro Alves terlambat dalam mengeksekusi.

Pemandangan in terlihat pada menit ke-30. Alves yang menerima sodoran bola matang dari Beltrame tidak langsung melepaskan tendangan ke gawang. Ia memilih melakukan cutting ke sisi tengah kotak penalti dengan bola di kaki. Saat hendak menendang, bek tuan rumah sudah berada dalam posisi ideal untuk menahannya.

Sampai setengah pertandingan berjalan, belum ada perubahan di papan skor. Bali United berinisiatif mengendalikan penguasaan bola. Persib lebih banyak menunggu, lalu merancang serangan balik.

Pada sisa 15 menit terakhir sebelum turun minum, terjadi perubahan. Tim tamu menaikkan garis pertahanan. Itu meninggalkan sedikit celah di lini belakang Maung Bandung.

Serdadu Tridadu mencoba memanfaatkan situasi tersebut. Pada menit ke-37, tuan rumah mendapat kans untuk mengubah kedudukan. Sepakan Ricky Fajrin melambung di atas mistar gawang Persib.

Serdadu Tridatu kembali memakai pendekatan seperti pada menit-menit awal. Skuad polesan Stefano Cugurra mengambil kendali penguasaan bola setelah menit ke-40. Berbagai upaya tuan rumah bisa diredam para penggawa kubu tamu.

Pada sisa waktu, tak terlihat perubahan berarti. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. 

Selepas jeda, Persib mempunyai peluang emas untuk memimpin.  David da Silva dilanggar di area terlarang. Setelah memantau VAR, wasit Heru Cahyono memberi penalti bagi kubu tamu. Sayang, eksekusi penalti Da Silva pad menit ke-56, belum berujung gol. Sepakan bomber asal Brasil itu bisa ditepis kiper BUFC, Adilson Maringa. 

Pada menit ke-80, wasit kembali berurusan dengan VAR. Jefferson Assis hampir saja mendapat kartu merah setelah meyikut pemain lawan.

Namun wasit Heru tidak mengusir sosok bernomor punggung 94 itu. Drama terjadi selepas keputusan tersebut. Bali United yang mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-82 berujung gol oleh Jefferson.

Kubu tamu melakukan protes. Laga sempat terhenti. Wasit lantas meneruskan pertandingan setelah pemeriksaan VAR potensi offside berakhir. 

Persib merespons dengan melancarkan rangan encar. Upaya Maung Bandung berbuah manis. Pada menit ke-90+9, tim tamu menyamakan kedudukan lewat tandukan Da Silva, juga dari situasi bola mati. Umpan matang pemain pengganti Ezra Walian dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Bali United ditanduk oleh Da Silva, meskipun dijaga dua pemain tuan rumah.

Persib terus menebar ancaman. Pada menit 90+13, Bali United bermain dengan 10 orang. Bek Jajang Mulyana mendapat kartu kuning kedua. Namun sisa waktu tipis tak bisa dimaksimalkan Persib untuk mengamankan kemenangan    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement