Senin 13 May 2024 15:04 WIB

Tahun Ini Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji di Bandara Kertajati Naik 234 Persen

Kebutuhan avtur di Bandara Kertajati 4.204 KL, naik 234 persen bila dibandingkan 2023

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
 Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Melakukan Inspeksi serta Meninjau Kesiapan Bandara Kertajati (BIJB) untuk Menghadapi Musim Haji 1445 H/2024 M, Jum
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Melakukan Inspeksi serta Meninjau Kesiapan Bandara Kertajati (BIJB) untuk Menghadapi Musim Haji 1445 H/2024 M, Jum

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA---Penerbangan jamaah haji di Embarkasi Kertajati Majalengka telah dimulai sejak 12 Mei 2024 kemarin. Pertamina Patra Niaga pun menjamin ketersedian dan kelancaran stok avtur di Aviation Fuel Terminal (AFT) di wilayah Regional Jawa Bagian Barat (JBB).

Tak hanya untuk Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, jaminan pasokan avtur juga untuk embarkasi dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga

Menurut Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, Aviation Fuel Terminal di wilayah Regional JBB memiliki sarana dan fasilitas yang handal. Selain itu, persediaan avtur juga cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan maskapai penerbangan haji tahun 2024.

‘’Di tahun 2024 diperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji di wilayah Regional JBB bila dibandingkan dengan tahun 2023. Hal itu disebabkan pada tahun ini ada penerbangan haji langsung dari Bandara Kertajati,’’ kata Eko, Senin (13/5/2024).

Eko menjelaskan, kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji tahun 2024 diperkirakan akan naik sebesar 5.548 KL atau 26 persen di Bandara Soekarno-Hatta dan sebesar 4.204 KL atau 234 persen di Bandara Kertajati bila dibandingkan tahun 2023.

‘’Pertamina Patra Niaga Regional JBB berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan Avtur penerbangan haji tahun 2024 agar ibadah yang akan dilaksanakan jemaah Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,’’ kata Eko.

Sebelumnya, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan stok untuk 13 AFT bandara embarkasi dijamin aman. Saat ini ketahanan stok nasional Avtur juga diatas 22 hari, dan akan terus dijaga di atas level tersebut.

‘’Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi momen seperti ini. Setelah stok aman, kami akan memastikan proses distribusinya dilakukan dengan baik untuk mendukung kelancaran penerbangan haji,’’ kata Irto. 

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement