Ahad 12 May 2024 12:44 WIB

Kalteng Expo 2024 Resmi Dibuka, Dorong Peluang Investasi Komoditas Daerah

Kalteng Expo adalah agenda rutin tahunan resm Pemprov Kalteng.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi membuka Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar dari pada 11-15 Mei 2024 yang dipusatkan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (11/5/2024).
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi membuka Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar dari pada 11-15 Mei 2024 yang dipusatkan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (11/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi membuka Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar dari pada 11-15 Mei 2024 yang dipusatkan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (11/5/2024).

Edy menyampaikan bahwa Kalteng Expo adalah agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang pada tahun ini menginjak usia ke-67 tahun, dan sekaligus salah satu upaya untuk mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Baca Juga

Kalteng Expo diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah Kalimantan Tengah, dengan tujuan antara lain untuk menciptakan wahana interaksi bisnis antara pelaku usaha, pembeli, dan investor, dalam rangka mendorong masuknya investasi ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Dengan demikian, volume perdagangan produk unggulan daerah, industri, SDM, dan sektor-sektor lainnya di Kalimantan Tengah dapat meningkat, sehingga memperkuat kemitraan antar pelaku usaha, digitalisasi pemasaran, dan optimalisasi produk unggulan daerah, serta mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dan lokal daerah, terlebih di era pasar bebas saat ini.

Ia mengatakan, dengan digelarnya Kalteng Expo, diharapkan dapat memacu produk lokal agar terus meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, sehingga mampu menarik calon pembeli dan investor untuk melakukan transaksi dagang dan investasi di Kalimantan Tengah.

Mendorong para pelaku usaha UMKM dan IKM untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar, serta meningkatkan inovasi dan nilai tambah produk, seperti produk ramah lingkungan, produk peduli kesehatan, hingga melahirkan brand atau merk baru.

photo
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo secara resmi membuka Kalteng Expo Tahun 2024 yang digelar dari pada 11-15 Mei 2024 yang dipusatkan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Sabtu (11/5/2024). - (Dok. Pemprov Kalteng)

 

Kemudian, meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa, khususnya bidang perdagangan dan investasi, guna mempromosikan potensi daerah Kalimantan Tengah.

“Kita harapkan bersama, rangkaian kegiatan Kalteng Expo 2024 ini dapat berlangsung lancar, sukses, dan berjalan lebih baik, khususnya peningkatan nilai transaksi produk-produk yang dipamerkan, serta manfaat terhadap kemajuan para pelaku UMKM dan IKM Kalimantan Tengah di tengah persaingan pasar global,” kata Edy.

“Dengan partisipasi aktif seluruh peserta Kalteng Expo, saya yakin langkah upaya kita bersama akan memberikan hasil nyata, dan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah Kalimantan Tengah dan Nasional, terutama dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan dan UMKM lokal,” tambahnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, peserta, dan semua pihak yang mendukung penyelenggaraan Kalteng Expo Tahun 2024 ini, termasuk juga Event Organizer CV Sola Gracia, EO lokal yang terdiri dari kawula muda Kalimantan Tengah.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Rangga Lesmana menjelaskan, pelaksanaan Kegiatan Kalteng Expo 2024 diselenggarakan di arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya pada 11-15 Mei 2024. Selain itu, dalam rangkaian Kegiatan Kalteng Expo 2024 kali ini, juga mengadakan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) dan Pelatihan Pra Kerja 2024 untuk 20.000 orang serta peluang untuk bekerja di Jepang dengan kuota 500 orang.

“Kegiatan Pameran Kesempatan kerja (Job Fair) dan Pelatihan Pra Kerja merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam rangka menekan dan mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja di Kalimantan Tengah,” katanya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan secara simbolis Kontrak kerja dan CoE (Certificate of Eligibility) atau Sertifikat Ijin Tinggal, kepada Peserta Program Special Skilled Worker (SSW) yang sudah mendapatkan kontrak kerja selama 3 (tiga) tahun dan siap berangkat ke Jepang, atas nama Ferry Setiawan, Binti Nur Baiti, dan Ardia Qiromatul Ulfah dengan lokasia kerja Nagano - Jepang.

Program ini adalah kerjasama antara Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ENTER Pangkalan Bun, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Tengah dan AIC Japan - Karir Jepang. Bagi seluruh masyarakat Kalteng yang ingin berkarir ke Jepang, dapat menghubungi LPP Enter atau Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Kalteng.

Selain itu dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat Pelatihan Pra Kerja, keterampilan : Menguasai Cara Berbicara di Depan Umum dengan Teknik NLP, kepada Novi Lestara, dan pada tahun 2024 Pra Kerja membuka lebih dari 20 ribu Pelatihan Gratis untuk masyarakat Kalteng, untuk mendapatkan informasi dipersilakan untuk mengunjungi Stand Pra Kerja di Job Fair 2024.

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement