Sabtu 11 May 2024 23:30 WIB

Petugas Haji Siap Sambut Jamaah Haji Gelombang Pertama di Bandara Madinah

Jamaah haji gelombang pertama dijadwalkan terbang dari Indonesia.

Kemenag memberangkatkan 437 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Daker Bandara yang akan terbang ke Arab Saudi, Rabu (8/4/2024).
Foto: Dok MCH
Kemenag memberangkatkan 437 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Daker Bandara yang akan terbang ke Arab Saudi, Rabu (8/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Karta Raharja Ucu dari Madinah, Arab Saudi

Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) 2024 siap menyambut kedatangan jamaah calon haji (calhaj) gelombang pertama di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah. Jamaah haji gelombang pertama dijadwalkan terbang dari Indonsia pada Sabtu (11/5/2024) malam WIB dan tiba di Madinah Ahad (12/5/2024) pagi WAS. 

Baca Juga

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Abdillah menyatakan puas dengan kesiapan fasilitas Bandara AMMA Madinag untuk menyambut kedatangan jamaah haji. Kepala Daker Abdillah menyatakan puas dengan kesiapan fasilitas Bandara AMMA Madinah untuk jemaah haji Indonesia. "Alhamdulillah, kami melihat bahwa Bandara AMMA Madinah sudah siap menyambut jemaah haji Indonesia. Fasilitasnya memadai dan jalurnya pun jelas," ujarnya.

Abdillah juga mengaku sudah berkoordinasi pihak terkait untuk memastikan kelancaran proses kedatangan dan keberangkatan jamaah haji. "Insha Allah jamaah haji Indonesia akan dapat menunaikan ibadah haji dengan nyaman dan aman," ucap Abdillah.

Kadaker Bandara datang ke Bandara AMMA didampingi Sekretaris Daker, Staf PPIH Daker Bandara dan MCH. Kunjungan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan fasilitas, sarana dan prasarana yang akan digunakan oleh jemaah haji Indonesia di Bandara AMMA Madinah.

Salah satu fokus utama kunjungan ini adalah untuk mengecek dan memastikan jalur atau rute kedatangan jamaah haji dan fasilitas layanan bagi jamaah haji, khususnya jamaah lansia dan difabel. Hal ini dilakukan untuk memastikan jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan nyaman dan aman.

Berdasarkan hasil kunjungan, terdapat 4 Gate kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Bandara AMMA Madinah, yaitu:

Gate Fast Track: Jamaah haji yang menggunakan layanan ini akan langsung diarahkan ke bus setelah pemeriksaan barang kabin.

Gate Internasional: Jamaah haji melalui proses imigrasi, pemeriksaan barang bawaan kabin, terminal kedatangan, dan kemudian langsung ke terminal bus.

Gate Internasional Khusus Haji: Jemaah haji melalui proses imigrasi, pemeriksaan barang bawaan kabin, keluar ke terminal kedatangan, lalu ke Paviliun bandara, dan terminal bus.

Gate Zero: Lokasinya di lantai dasar, dari pesawat, ke bagian imigrasi, pemeriksaan barang kabin, lalu ke terminal bus area ground. 

 

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement