Sabtu 11 May 2024 15:51 WIB

Dalam Hitungan Jam, Kloter 1 Jamaah Haji Indonesia akan Tiba di Tanah Suci

PPIH Arab Saudi siap menyambut kedatangan kloter pertama jamaah haji.

Amir Muhammad Bin Abdul Azis (AMAA) Madinah akan menerima kedatangan jamaah haji.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Amir Muhammad Bin Abdul Azis (AMAA) Madinah akan menerima kedatangan jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Karta Raharja Ucu dari Madinah, Arab Saudi

Dalam hitungan jam, jamaah calon haji (calhaj) Indonesia Kloter 1 akan sampai ke Tanah Suci. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi siap menyambut kedatangan calhaj yang akan diberangkatkan dari embarkasi Jakarta-Pondok Gede dan mendarat di bandara Amir Muhammad Bin Abdul Azis (AMAA) Madinah, Ahad (12/5/2024). 

Baca Juga

Kepala Daker Bandara AMAA Abdillah memastikan, kesiapan pihaknya baik dari perangkat tugas dan layanan dalam menyambut jemaah saat mendarat. Dia berkata tugas mulia dari negara dan agama sebagai petugas haji harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

"Tugas kami  melayani jemaah, membuat mereka merasa senang dan gembira dalam melaksanakan ibadah selama di Haramain," ujar Abdillah di Madinah, Sabtu (11/5/2024).

Jamaah haji yang pertama tiba di Bandara AMAA Madinah adalah kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01). Dijadwalkan para dhuyufurrahman atau tamu Allah akan mendarat pada pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS) melalui pintu atau gate Fast Track.

"Abdillah pun akan segera memastikan prosesi penyambutan jamaah haji berlangsung sukses dan lancar. "Nantinya, akan hadir sejumlah pejabat baik dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi maupun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia di Arab Saudi," ujar Abdillah.

Menurut Abdillah, bandara merupakan gerbang pertama dan menjadi cerminan utama atas layanan kepada jemaah haji di tanah suci.

Selama operasional kedatangan, petugas Daker Bandara AMAA akan ditempatkan pada tiga sektor. Menurut Abdillah, pembagian sektor ini didasarkan pada penyambutan pada tiga pintu kedatangan jamaah haji Indonesia. 

Karena itu Abdillah berharap, seluruh petugas daker bekerja maksimal dan saling bantu. Sehari sebelum kedatangan jamaah, petugas daker melakukan orientasi lapangan, mapping dan simulasi layanan di Bandara AMAA Madinah yang dilakukan pada Sabtu (11/5/2024).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement