Rabu 17 Apr 2024 16:00 WIB

Waktu Paling Afdhal Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi memiliki banyak keutamaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Ayat Kursi
Foto: republika
Ayat Kursi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ayat kursi memiliki banyak keutamaan bahkan salah satu ayat yang memiliki kedudukan agung dalam Alquran. Ayat ini turun pada suatu malam saat setelah Rasulullah hijrah dari kota Makkah ke Madinah.

Berikut bacaan ayat kursi sebagaimana tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat ke-255:

Baca Juga

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ  لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Latin: Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.” (QS Al-Baqarah [2]:255).

Lalu kapan waktu yang paling utama atau paling afdhol membaca Ayat Kursi? 

Meskipun ayat Kursi dapat dibaca kapan saja, ada tiga waktu yang paling afdhol untuk membaca ayat ini. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW, ada tiga waktu utama yang sangat dianjurkan membaca ayat Kursi, yaitu setiap pagi dan petang, setelah sholat lima waktu, dan sebelum tidur.

1. Waktu Pagi dan Petang atau Sore

Ayat kursi dianjurkan dibaca di waktu pagi dan petang untuk melindungi dari gangguan setan. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Ubay bin Ka'ab tentang jin yang mencuri kurmanya.

Dari Ubay bin Ka'ab Radhiyallahu Anhu: bahwa ada jin (syaitan) yang berkata kepadanya:

"Apabila kamu membaca ayat Kursi pada pagi hari, maka kamu akan dilindungi dariku sampai petang, dan apabila kamu membacanya pada waktu petang (sore hari), maka kamu akan dilindungi dariku sampai waktu pagi (esok harinya)".

Ubay Radhiyallahu Anhu berkata: Aku pun pergi menemui Rasulullah SAW, kemudian aku mengabarkan kepada beliau hal tersebut, dan beliau bersabda: "Makhluk yang buruk itu berkata jujur".

2. Setelah sholat lima waktu

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ اَلْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ اَلْجَنَّةِ إِلَّا اَلْمَوْتُ

Artinya: "Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah setiap kali sholat wajib, niscaya tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian (yakni dia akan masuk surga setelah meninggal dunia)" (HR An Nasa'i).

3. Ketika ingin tidur

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, bahwasanya setan berkata,

"Apabila kamu hendak tidur, maka bacalah ayat Kursi dari awal sampai akhirnya; yaitu ayat Allaahu laa ilaaha illa huw al hayyul qayyum". Kemudian setan itu berkata kepadaku: "Niscaya penjagaan Allah senantiasa menyertaimu, dan setan tidak akan sanggup mendekatimu sampai waktu pagi".

Para sahabat adalah orang-orang yang paling bersemangat atas kebaikan, dan ketika dia mengabarkan hal ini kepada Nabi SAW beliau bersabda: 

"Dia (setan itu) berkata jujur kepadamu, padahal dia adalah pendusta" (HR Al-bukhari).

Itu lah tiga waktu yang paling utama untuk membaca ayat Kursu. Dengan membaca ayat ini, umat Islam akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yakni pada bait Alhayyu dan Alqayyum, ayat kursi disebut sebagai ayat yang paling agung dan menjadi raja dari sebagian ayat di dalam Alquran.

Dengan membaca dan mengamalkan ayat kursi, umat Islam juga akan diberkahi, dijauhkan dari kesulitan, dan disingkirkan dari bencana. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari HR  Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghozali yang memiliki arti:

Artinya: “Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.” (HR Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Gozhali).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement