Kamis 14 Mar 2024 14:55 WIB

Dukung Jakarta Global City, BUMD Diminta Tingkatkan Sinergi

BUMD dapat lebih bersinergi saling mendukung dan menggarap potensi bisnis bersama.

Kick Off dan Workshop CFO (Chief Financial Officer) BUMD Jakarta Forum di Jakarta.
Foto: .
Kick Off dan Workshop CFO (Chief Financial Officer) BUMD Jakarta Forum di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mempersiapkan diri menuju Jakarta Global City sejalan pembahasan pembentukan Daerah Khusus Jakarta. Salah satu hal yang dapat mendorong terwujudnya hal itu melalui peningkatan peran dan kontribusi BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

BUMD diharapkan mempersiapkan diri melakukan berbagai program aksi untuk mewujudkan Jakarta Global City. "BUMD DKI Jakarta perlu terus meningkatkan sinergi antar-BUMD, SKPD maupun BLUD serta tetap menjadi agent of development," ujar Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, usai memberikan keynote speech dalam acara Kick Off dan Workshop CFO (Chief Financial Officer) BUMD Jakarta Forum di Jakarta.

Joko Agus menyampaikan menyambut baik terbentuknya CFO BUMD Jakarta Forum yang terdiri dari 14 BUMD yang 50 persen lebih kepemilikan sahamnya dimiliki Pemprov DKI Jakarta. BUMD itu yaitu Bank DKI, Sarana Jaya, Pasar Jaya, PAM Jaya, PAL Jaya, Dharma Jaya, dan MRT Jakarta. Lalu Trans Jakarta, Jakarta Propertindo, Jakarta Tourisindo, Food Station, Jamkrida Jakarta, JIEP Pulogadung, serta Pembangunan Jaya Ancol.

Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono, mengharapkan BUMD yang tergabung dalam CFO BUMD Jakarta Forum akan semakin meningkat kinerjanya secara sehat, baik, dan berkelanjutan. Juga dapat menjadi flagship company di bidang usahanya masing masing. 

CFO BUMD Jakarta Forum diharapkan dapat menjadi orkestrasi potensi BUMD dalam memberikan manfaat bagi masyarakat Jakarta. “Besar harapan, BUMD dapat lebih bersinergi untuk saling mendukung dan menggarap potensi bisnis bersama, dan terkoneksi dalam satu ekosistem," ujar Nasruddin. 

Nasruddin juga berharap agar ekosistem BUMD dapat berkembang lebih luas dengan menggabungkan ekosistem yang sudah ada di BUMD masing-masing. Kemudian antar-BUMD terkoneksi dengan berbagai ekosistem yang ada di kota Jakarta sehingga memberikan manfaat bagi warga.

Ketua CFO BUMD Jakarta Forum, Romy Wijayanto yang juga Direktur Keuangan dan Strategi Bank DKI telah menyiapkan sejumlah program kerja yang didasari pada tujuan dibentuknya forum ini. “CFO BUMD Jakarta Forum diharapkan dapat berperan memberikan masukan strategis dalam rangka peningkatan kinerja melalui kolaborasi digital, hubungan kelembagaan, maupun peningkatan program Environment, Social & Governance antar BUMD," ujar dia.

Romy menambahkan CFO BUMD Forum Jakarta merupakan forum yang mewadahi interaksi dan komunikasi para direktur keuangan BUMD Jakarta atas kolaborasi bisnis maupun dalam rangka mendukung berbagai program Pemprov.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement