Baju Gamis Laris Diserbu Pembeli di Tanah Abang

Red: Fuji Pratiwi

Ahad 10 Mar 2024 21:20 WIB

Pedagang melayani pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Foto: Republika/Thoudy Badai Pedagang melayani pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dagangan baju gamis di pusat grosir Tanah Abang laris diserbu pembeli pada Sabtu dikarenakan libur panjang dan mendekati Ramadhan 1445 Hijriah.

Pedagang Toko Dazick Pasar Tanah Abang Mufarifan Suryandika mengatakan, antara 50 sampai 100 helai dagangan gamis di tokonya yang terletak di blok B.

Baca Juga

"Buat cowok atau cewek, gamis yang lagi laku. Bisa laku 50 sampai 100 potong per hari," kata Dika dilansir Antara.

Menurut Dika, penjualan baju gamis meningkat lima sampai 10 kali lipat dibandingkan hari biasa, bukan hari libur, apalagi mendekati bulan Ramadhan.

"Biasanya 10 potong, itu juga kadang-kadang tidak sampai. Ini karena lagi libur dan mendekati bulan puasa juga kan. Jadinya ramai yang datang," kata Dika.

Tokonya di pusat grosir Tanah Abang dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. Namun, calon pembeli disarankan untuk datang lebih awal karena semakin siang, pengunjung yang berburu barang tekstil hingga makanan "harga grosir" bisa semakin padat.

Ramadhan pun mulai terasa bagai berkah bagi pedagang, ketika biasanya mendapat Rp 2 juta perhari, Dika optimistis omzetnya bulan ini bisa tembus Rp 20 juta per hari jika kepadatan pengunjung seperti Sabtu siang.

Namun, keuntungan yang didapat tentu bergantung dari jenis, bahan dan model baju yang laku terjual.

"Kalau harga tidak ada yang naik sekarang, omzet bisa Rp 20 juta. Biasanya kan Rp 2 juta atau Rp 3 juta, kadang juga Rp 1 juta," kata Dika.

Bahan katun Shirtinh India menjadi material yang paling banyak dicari untuk pria karena desain elegan untuk tampilan menarik dan nyaman sepanjang hari. Sedangkan model shimmer untuk wanita karena berkilau dan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan organza.

Umumnya, mendekati Ramadhan, calon pembeli wanita juga akan mengincar baju blouse yang menutup sampai paha karena lebih bersahabat bagi yang menggunakan hijab (hijab friendly).

Sebagaimana diakui Sherly, pedagang dari Toko Aysha, rentang panjang blouse yang hijab friendly berkisar 75 sampai 80 centimeter untuk atasan dan 90 centimeter untuk model tunik.

Sementara itu terkait harga baju Muslim pria dan wanita di Tanah Abang jika dijual eceran berada pada rentang Rp 105 ribu sampai Rp 495 ribu. Terdapat potongan harga jika membeli secara grosir.