Ahad 10 Mar 2024 08:15 WIB

Daftar Tokoh dan Karya yang Paling Banyak Sabet Piala Oscar

Piala Oscar tahun ini akan dihelat pada 11 Maret.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Piala Oscar. Katharine Hepburn telah meraih empat penghargaan Academy Award untuk Aktris Terbaik, menjadikannya individu dengan penghargaan terbanyak dalam kategori akting.
Foto: Reuters
Piala Oscar. Katharine Hepburn telah meraih empat penghargaan Academy Award untuk Aktris Terbaik, menjadikannya individu dengan penghargaan terbanyak dalam kategori akting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oscar 2024 akan digelar 11 Maret 2024. Menjelang ajang bergengsi tersebut, menarik untuk melihat kembali sejarah, termasuk siapa dan karya mana yang memenangkan piala Oscar paling banyak sejauh ini.

Setiap tahunnya, Oscar menjadi upacara penghargaan yang ditonton oleh jutaan orang Amerika Serikat untuk menghormati film, aktor, dan aktris terbaik. Lebih dari 10.500 pakar industri film global menjadi anggota organisasi tersebut dan membantu memilih nominasi untuk berbagai kategori, menurut situs Oscar.

Baca Juga

Beberapa nama besar di Hollywood telah menerima Oscar sepanjang karier mereka, termasuk Barbra Streisand, Katharine Hepburn, dan Anthony Hopkins.

Siapa yang paling banyak memenangkan Oscar dalam sejarah Academy Awards?

Selain akting, Academy Awards menawarkan berbagai penghargaan bergengsi untuk profesi lain dalam industri film dan hiburan. Individu dapat menerima beberapa Oscar untuk kategori yang sama, tetapi tidak dapat menerima beberapa nominasi untuk penampilan yang sama.

Artis yang memenangkan penghargaan terbanyak dalam sejarah Academy ialah tokoh hiburan Amerika sekaligus pendiri Disney dan pionir animasi, yakni Walt Disney. Melalui karier yang berkembang selama beberapa dekade, Disney memenangkan 26 Oscar dan menerima 59 nominasi.

Walt Disney memenangkan penghargaan pertamanya di Academy Awards untuk subjek pendek terbaik pada 1932. Disney terus memenangkan berbagai kategori hingga tahun 1969, dua tahun setelah ia meninggal pada 1967.

Dikutip dari Fox News, Ahad (10/3/2024), Disney menerima Oscar untuk kategori Animasi Pendek Terbaik untuk Three Little Pigs, The Ugly Duckling, Winnie the Pooh, dan The Blustery Day. Dia juga memenangkan Honorary Academy Award karena menciptakan Mickey Mouse pada 1932.

photo
Walt Disney dan Mickey Mouse - (Disney.org)

Disney saat ini secara luas dianggap sebagai inovator media dan hiburan. Setelah kematiannya pada 1966, Disney telah mewariskan perusahaannya sebagai studio animasi terbesar di Amerika Serikat. Mendiang mendirikan taman hiburan Disneyland untuk menghibur jutaan orang hingga saat ini.

Disney secara luas dianggap sebagai tokoh paling penting dalam sejarah film animasi dan ikon budaya. Walt Disney yang lahir di Chicago AS meninggal di usia 65 tahun.

Siapa aktor/aktris yang paling banyak memenangkan Academy Awards?

Sebanyak 44 aktor dan aktris telah menerima berbagai penghargaan dalam kategori akting. Katharine Hepburn telah meraih empat penghargaan Academy Award untuk Aktris Terbaik, menjadikannya individu dengan penghargaan terbanyak dalam kategori akting.

Hepburn adalah pelopor artis wanita di industri film di era 1900-an dan mendapatkan penghargaan di berbagai genre akting, termasuk drama, komedi, dan misteri Gotik. Dia juga mendapat 12 nominasi sebelum meninggal pada 2003.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement