Kamis 29 Feb 2024 23:58 WIB

Vinicius Jr Kembali ke Valencia Setahun Setelah Pelecehan Rasial Terhadapnya

Real Madrid akan bertandang ke Valencia pada Ahad (3/3/2024) dini hari WIB.

Penyerang Real Madrid Vinicius Jr
Foto: AP Photo/Jose Breton
Penyerang Real Madrid Vinicius Jr

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid akan bertandang ke Valencia pada Ahad (3/3/2024) dini hari WIB, untuk memperkuat posisi mereka yang sudah kokoh di puncak klasemen La Liga. Ini pertandingan yang sangat dinanti-nantikan oleh tim asuhan Carlo Ancelotti, yang akan kembali ke stadion tempat pemain sayap asal Brasil, Vinicius Jr, mendapatkan pelecehan rasial pada tahun lalu.

Ini pertama kalinya Real dan pemain berusia 23 tahun, Vinicius, kembali ke Mestalla sejak Mei 2023. Saat itu, penghinaan rasial diduga dilontarkan kepada pemain asal Brasil itu. Ini merupakan kejadian ke-10 yang menimpa sang pemain yang dilaporkan kepada jaksa penuntut pada musim lalu.

Baca Juga

Pertandingan sempat terhenti selama 10 menit saat Vinicius menunjukkan para penggemar yang melakukan pelecehan terhadapnya. Ia kemudian terlibat dalam pertengkaran dengan para pemain Valencia yang membuatnya diusir dari lapangan.

Peristiwa yang terkenal itu menyebabkan curahan dukungan untuk pemain Brasil itu dan mendorong serangkaian kampanye lokal dan internasional. Ini termasuk pembentukan komite anti-rasisme FIFA khusus yang terdiri dari para pemain yang akan merekomendasikan hukuman yang lebih keras untuk perilaku diskriminatif dalam sepak bola.

Brasil akan memainkan pertandingan persahabatan melawan Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu pada tanggal 26 Maret untuk mendukung Vinicius Jr dan perjuangan memberantas rasisme.

Tribun selatan Valencia ditutup sebagian untuk lima pertandingan dan klub didenda 45.000 euro (Rp 764 juta) oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Valencia melarang empat orang untuk bermain seumur hidup karena peran mereka dalam insiden tersebut. Meskipun klub telah menegaskan bahwa tindakan sebagian kecil orang tidak mewakili basis penggemar mereka secara keseluruhan.

Namun ketegangan kembali meningkat pekan ini setelah Valencia menolak permintaan dari Netflix. Pihak tv berbayar ini membuat film dokumenter tentang kehidupan Vinicius, tapi ditolak masuk ke Mestalla pada Sabtu atau mewawancarai para pemain mereka.

Mengantisipasi suasana tensi tinggi di Valencia, Komite Tetap Komisi Negara Spanyol untuk Kekerasan, Rasisme, Xenofobia dan Intoleransi dalam Olahraga menyatakan bahwa ini adalah 'pertandingan berisiko tinggi'. Artinya, polisi dan pihak keamanan klub akan diperkuat di dalam dan di luar stadion.

Selain itu, sebuah demonstrasi besar terhadap pemilik Valencia, Peter Lim, akan berlangsung pada sore hari. Situasi yang mungkin akan memperumit situasi keamanan.

"Saya menantikan hari Sabtu sehingga Vini dapat melihat bahwa para idiot itu tidak mewakili para penggemar kami," kata striker Valencia, Hugo Duro, kepada Spanish Gol TV pada Rabu.

"Ini akan menjadi lingkungan yang tidak bersahabat baginya, tapi di level sepak bola dengan semua rasa hormat di dunia. Dia akan merasakan tekanan dari para pendukung kami, tetapi dengan rasa hormat."

Real Madrid memiliki 65 poin, unggul enam angka atas Girona yang berada di posisi kedua. Girona akan bertanding di Mallorca pada Senin (4/3/2024) dini hari WIB. Barcelona, yang berada di posisi ketiga dengan 57 poin, akan bertandang ke Athletic Bilbao.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement