Kamis 15 Feb 2024 22:46 WIB

Doa Ampuh Hadapi Kesulitan yang Diajarkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW berdoa hadapi kesulitan hidup.

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Rasulullah SAW berdoa hadapi kesulitan hidup
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi berdoa. Rasulullah SAW berdoa hadapi kesulitan hidup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika menghadapi kesulitan, yakinlah ikhtiar selalu dilakukan dan bibir serta hati tak kering dari doa. Dalam buku Kumpulan Doa Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan doa yang ampuh saat menghadapi kesulitan dan kegelisahan. 

Berikut lafaznya: 

Baca Juga

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَائُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ القُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُوْرَ صَدْرِي وَجِلَاءَ غَمِّي وَذَهَابَ حُزْنِي وَهَمِّي

"Allāhumma innī 'abduka, wabnu 'abdika, wabnu amatika. Nāshiyatī bi yadika mādhin fiyya hukmuka, 'adlun fiyya qadhā'uka. As'aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihī nafsaka, wa anzaltahū fī kitābika, aw 'allamtahū ahadan min khalqika, awista'tsarta bihī fī ilmil ghaybi 'indaka, an taj'alal qur'āna rabī'a qalbī, wa nūra shadrī, wa jilā'a ghammī, wa dzahāba huznī wa hammī."

Yang artinya, "Ya Allah, sungguh aku hamba-Mu, putra hamba-Mu (laki-laki), putra hamba-Mu (perempuan). Nasibku di tangan-Mu, berlaku padaku ketentuan-Mu, adil padaku putusan-Mu. 

Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama-Mu yang Kau sebut untuk diri-Mu, (nama) yang Kau turunkan dalam kitab-Mu, (nama) yang Kau ajarkan pada segelintir hamba-Mu, atau (nama) yang hanya Kau sendiri yang mengetahuinya dalam pengetahuan ghaib agar Kau menjadikan Alquran sebagai musim semi (di) hatiku, cahaya batinku, pelenyap kebingunganku, dan penghilang kesedihan serta kebimbanganku."

Dijelaskan bahwa bertawasul dengan mengedepankan dan mengandalkan nama-nama dari sifat Allah Yang Mahasempurna dapat dijadikan doa yang ampuh. Terutama ketika seorang hamba dilanda kesulitan, musibah, rasa gelisah, baik yang saat ini terjadi maupun yang akan datang. 

Anjuran berdoa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement