Senin 12 Feb 2024 00:05 WIB

Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud dan Keutamaannya

Tajahud berasal dari kata 'tahajjada' yang berarti terjaga atau sengaja bangun.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Umat muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tajahud berasal dari kata 'tahajjada' yang berarti terjaga atau sengaja bangun. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan  pada waktu malam hari dan dilakukan sesudah tidur, meskipun hanya tidur sebentar.

Waktu mengerjakan sholat tahajud adalah sesudah mengerjakan sholat Isya hingga masuk waktu subuh. Sholat tahajud ini kadang juga disebut qiyamul laili atau sholat malam. Waktu utama melaksanakan sholat tahajud ini adalah pada sepertiga malam.

Baca Juga

Menurut Ustadz Zezen Zaenal Alim dalam bukunya Fadhilatul Amal Doa Pembuka Rezeki, Sukses Usaha dan Karier, di antara keutamaan dan fadhilah shalat malam yang diterangkan Alquran antara lain sebagai berikut.

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Memperoleh kedudukan mulia dan terpuji

Allah berfirman:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

“Dari pada sebahagian malam hari lakukanlah shalat tahajud olehmu sebagai ibadah tambahan bagimu, semoga Tuhan engkau mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”  (QS Al Isra ayat 79)

2. Mendapatkan surga yang dijanjikan

Allah berfirman:

{إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18)

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa (kelak di akhirat) ditempatkan dalam Jannah (di tengah-tengah taman dan mata air). Mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan mereka, karena sebelum itu (di dunia) mereka hidup berbuat kebajikan. Mereka mempergunakan malam hari untuk tidur hanya sebentar. Dan di ujung malam mereka berdoa memohon ampun." (QS adz-Dzariyat ayat 15-18)

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement