Jumat 09 Feb 2024 21:29 WIB

Lakers Rilis Patung Kobe Bryant untuk Kenang Sang Legenda

Patung Kobe Bryant terbuat dari perunggu setinggi hampir 6 meter.

Patung mendiang Kobe Bryant dan putrinya Gianna.
Foto: AP
Patung mendiang Kobe Bryant dan putrinya Gianna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Los Angeles Lakers meluncurkan patung Kobe Bryant yang terbuat dari perunggu setinggi hampir 6 meter. Patung ini ditempatkan di markas Lakers di Staples Center untuk menghormati sang legenda.

Patung itu menggambarkan Bryant dalam seragam putih bernomor punggung 8 dengan mengacungkan jari telunjuknya kanannya. Momen itu adalah momen bersejarah di mana Bryant mencetak 81 poin usai pertandingan melawan Toronto Raptors pada Januari 2006.

Baca Juga

Kobe Bryant yang meninggal dalam kecelakaan helikopter bersama dengan anaknya pada Januari 2020, merupakan salah satu legenda Los Angeles Lakers yang merupakan pencetak poin terbanyak dalam sejarah tim.

Lakers sebelumnya juga telah membuatkan patung untuk legenda lain mereka yaitu Shaquille O’Neal, Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Jerry West, Elgin Baylor.

“Patung ini mungkin terlihat seperti Kobe, tapi sebenarnya ini adalah tampilan sebuah keunggulan,” kata Kareem Abdul-Jabbar seperti dikutip dari laman resmi NBA.

“Bagaimana sebuah disiplin itu terlihat. Bagaimana komitmen itu terlihat. Kita semua berada di sini untuk menghormati sosok pria yang tidak hanya mewakili prestasi olahraga yang luar biasa, namun juga nilai-nilai abadi yang menginspirasi kita semua untuk berusaha lebih keras untuk tidak hanya menjadi lebih baik, namun juga menjadi yang terbaik," lanjut Abdul-Jabbar.

Bryant pensiun pada tahun 2016 setelah 20 tahun kariernya dihabiskan sepenuhnya bersama Lakers. Bryant adalah pencetak poin terbanyak keempat dalam sejarah NBA dengan 33.643 poin. Bryant juga terpilih sebagai NBA All-Star sebanyak 18 kali dan mendapat predikat MVP Final NBA dua kali.

Vanessa, istri Bryant, mengatakan bahwa patung tersebut adalah yang pertama dari tiga yang akan dibuat untuk menghormati peraih juara NBA lima kali tersebut. Patung lainnya akan menampilkan Bryant dengan jersey nomor 24, yang ia kenakan selama paruh kedua kariernya. Sementara patung ketiga akan menampilkan Bryant dan putrinya, Gianna, yang meninggal bersamanya dan tujuh orang lainnya dalam kecelakaan helikopter pada Januari 2020.

Di bawah patung tersebut bertuliskan “Kobe Bean Bryant,” dengan julukannya “Black Mamba,” terukir di bawahnya.

Pada dasar patung juga terdapat kotak skor yang menampilkan 81 poin Kobe Bryant beserta QR code yang bisa dipindai untuk menampilkan video cuplikan Bryant mencetak 81 angka pada gim tersebut.

Selain itu, ada pula kutipan Bryant, “Selesaikanlah gim lebih baik dari yang sebelumnya. Dan ketika tiba waktunya bagimu untuk pergi, pergilah sebagai legenda.”

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement